PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSE MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS X AKOMODASI PERHOTELAN 4 DI SMK NEGERI 4 DENPASAR

Authors

  • Sherly Lusiana Boru Simorangkir
  • I Ketut Artawa
  • I Wayan Pastika

DOI:

https://doi.org/10.36002/litera.v2i2.194

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan teknik bermain peran
dalam meningkatkan keterampilan siswa berbicara bahasa Inggris khususnya pada penggunaan
simple past tense pada kelas X Akomodasi Perhotelan 4 di SMK Negeri 4 Denpasar. Teori-teori
yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini yaitu teori tentang pengajaran
keterampilan berbicara oleh Richard (2008) dan teori tentang pengajaran tata bahasa oleh
Williams (2005). Sebelum dilaksanakan pembelajaran, tes awal diberikan untuk mengetahui
kemampuan awal siswa sehingga nilai yang diperoleh dapat dibandingkan dengan siklus
berikutnya setelah diberikan pembelajaran. Hasil dari data kuantitatif menunjukkan bahwa
penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris
siswa di SMK Negeri 4 Denpasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh siswa pada
saat diberikan tes dan terjadi peningkatan selama teknik bermain peran diterapkan. Aspek dari
kemampuan berbicara yang dijadikan tolok ukur pada penilitian ini yaitu, kosakata, pelafalan,
tata bahasa, kelancaran, dan pemahaman.
Kata kunci : Keterampilan berbicara, teknik bermain peran, simple past tense
ABSTRACT
This research aimed at finding out how far the use of role play technique could help the students‟
of SMK Negeri 4 Denpasar on grade X Hospitality Accommodation to improve their speaking
ability especially in using simple past tense. Some theoretical frameworks are used in this
research, such as the theory of teaching speaking by Richard (2008) and theory of teaching
grammar by Williams (2005). Before the treatment was carried, pre-test was conducted in order
to know the students‟ basic ability, so that the achievement can be compared with the next circles
after the treatment was given. The result of quantitative data showed that the use of role play
technique could improve the speaking ability of students of SMK Negeri 4 Denpasar. It can be
seen from the result of the students‟ achievement tests which increased continuously during the
application of role play technique. Those speaking aspects which were used as indicator are
vocabulary, pronunciation, grammar, fluency, and comprehension.
Key words : speaking ability, role play technique, simple past tense

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Additional Files

Published

2017-08-21

How to Cite

Boru Simorangkir, S. L., Artawa, I. K., & Pastika, I. W. (2017). PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSE MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS X AKOMODASI PERHOTELAN 4 DI SMK NEGERI 4 DENPASAR. LITERA : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.36002/litera.v2i2.194