PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DI KELAS XII IPA 1 SMA DWIJENDRA DENPASAR

Main Article Content

Putu Ayu Arya Windari

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the learning ability of students in the English
language conducted in class XII IPA 1, amounting to 40 students using problem-based learning
(PBM) was performed in Dwijendra High School 2014-2015 school year. This study uses
cognitive research consisting of 2 cycles. Each cycle consists of 6 levels, namely: knowledge
(recalls and memorize), understanding (interpreting), application (using the concept of remedy
to solve a problem), analysis (describing a concept), synthesis (combining parts into a
conceptual whole concept), evaluation (comparing the values, ideas, methods). In the forms of
determine student learning outcomes the test results collected through study undertaken shaped
descriptions of the end of each cycle. The results of the first cycle and secondly cycle students
have increased score. Score of test results in the first cycle 70,00 (not exhaustive) to 80.00
(completely) in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the
application of problem-based learning can improve thinking ability and learning outcomes of
students in class XII IPA 1 in Dwijendra High School 2013-2014 school year.

Key words: problem based learning, thinking ability
 

ABSTRAK  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dalam menggunakan
bahasa Inggris yang dilakukan di kelas XII IPA 1 yang berjumlah 40 siswa dengan
menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBM) yang dilakukan di SMA Dwijendra
Denpasar tahun pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kognitif yang
terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 6 tingkatan yaitu: pengetahuan (mengingat dan
menghapal), pemahaman (menginterpretasikan), aplikasi (menggunakan konsep untk
memecahkan suatu masalah), analisis (menjabarkan suatu konsep), sintesis (menggabungkan
bagian-bagian konsep menjadi suatu konsep utuh), evaluasi (membandingkan nilai-nilai, ide,
metode). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dikumpulkan melalui test hasil belajar
berbentuk uraian yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Dimana hasil dari siklus I dan siklus
II siswa mengalami peningkatan nilai. Nilai hasil test pada siklus I 70,00 (tidak tuntas)
menjadi 80,00 (tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil
belajar siswa di kelas XII IPA 1 di SMA Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2013-2014.

Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah

Article Details

How to Cite
Windari, P. A. A. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DI KELAS XII IPA 1 SMA DWIJENDRA DENPASAR. LITERA : Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 3(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/litera/article/view/280
Section
Articles