HOSPITALITAS SEBAGAI ALAT KESADARAN MUKA DALAM INTERAKSI LAYANAN DI RANAH PARIWISATA

Yohanes Kristianto

Abstract


ABSTRAK  

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik bahasa dalam interaksi layanan di
ranah pariwisata di Bali. Muka merupakan konsep citra diri penyedia jasa dan pelanggan dalam
interaksi layanan, sedangkan hospitalitas merupakan prinsip-prinsip umum yang menjadi kaidah
bagi berlangsungnya praktik interaksi layanan dalam ranah pariwisata. Secara teoretis,
hospitalitas mengacu pada sikap menerima atau menyambut orang asing. Sedangkan secara
empiris, hospitalitas dimaknai sebagai keramahtamahan. Hospitalitas menjadi representasi
penyedia layanan ketika memberikan layanan kepada pelanggan. Basis interaksi layanan dalam
pariwisata adalah relasi tuan rumah-tamu (host-guest) yang direalisasikan dengan tindak
komunikasi. Secara linguistik, tindak komunikasi dapat dipahami dalam bentuk tuturan-tuturan
yang mengandung tindakan (tindak tutur). Setiap tindak tutur memiliki resiko untuk mengancam
citra diri penyedia jasa maupun pelanggan. Tulisan ini mengidentifikasikan dan mendeskripsikan
praktik bahasa sebagai representasi hospitalitas dalam interaksi layanan di ranah pariwisata.  

Kata kunci: hospitalitas, praktik bahasa, tindak tutur, muka

ABSTRACT

This article aims to describe the practice of language in the service interaction in the sphere of
tourism in Bali. The face is the concept of self -image service providers and customers in a
service interaction, while's Hospitality are general principles that became the rule f or the
continuity of the service interaction practices in the realm of tourism. Theoretically's Hospitality
refers to accepting or welcoming strangers. While empirically's Hospitality interpreted as
hospitality. The representation's Hospitality service providers when delivering services to
customers. Base service interaction in tourism is a host -guest relations (host-guest) were
realized by acts of communication. Linguistically, acts of communication can be understood in
the form of speech-speech that contains the action (speech acts). Each speech acts have a risk to
threaten the self-image of the service provider and the customer. This paper identifies and
describes the practice of languages as representations's Hospitality in a service interaction in
the sphere of tourism.
 
Keywords: hospitality, practice of language, speech act, face


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


2442-6865

2548-7639