MEDIA KARTU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA KELOMPOK BELAJAR B ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BALI KIDDY
DOI:
https://doi.org/10.36002/litera.v5i2.906Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui
peningkatan keterampilan membaca pada siswa kelompok belajar B melalui media kartu
bergambar (flashcard). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus
terdapat 8 pertemuan dimana data yang diperoleh akan disajikan dalam deskriptif kualitatif.
Penelitian ini didasari atas teori pembelajaran kognitif oleh Jean Piaget. Pengajaran membaca
melalui media kartu bergambar dinilai dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam
membaca tahap awal dikarenakan media yang digunakan sangat menarik untuk dilihat dan cara
guru menyampaikan materi sangat menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan.
Kata kunci : Keterampilan Membaca, Media Gambar, Anak usia dini.
ABSTRACT
This research is a Classroom Action Research, which aimed to determine the
improvement of reading skills of Kindergarten B students through a flashcard. This research
conducted in 2 cycles, which had eight meetings for each cycle. The data obtained would be
presented in qualitative descriptive. The theory applied in this research is Cognitive Learning
by Jean Piaget. Teaching through flashcard considered to increase students' interest and
understanding in pre-reading stage because it is very interesting and the way teacher delivered
the material is very attractive, therefore, the students do not feel bored.
Keywords: Reading skill, Pictures Media, Kindergarten Students.
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.