Peran Dukungan Sosial Orangtua dan Kematangan Karir Siswa SMK Kelas XII di Surabaya

Main Article Content

Yulia Dwi Anggreni

Abstract

Abstrak. Salah satu bagian penting dalam kematangan karir siswa yaitu adanya dukungan social orangtua supaya anak dapat mengembangkan karirnya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan social orangtua terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMK di salah satu sekolah swasta di Surabaya. Penelitian ini melibatkan 112 siswa SMK berusia 17-20 tahun. Teknik pengambilan data ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui online (google form) dengan menggunakan Skala Dukungan Sosial (35 aitem valid, α = 0,925) dan Skala Kematangan Karir (25 aitem valid, α = 0,897). Data penelitian diolah menggunakan statistik dengan bantuan program komputer Microsoft Excel dan Statistical Package for Social Science (SPSS) 23. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan social orangtua terhadap kematangan karir. Artinya semakin tinggi dukungan social orangtua, maka akan diikuti dengan semakin tinggi pula kematangan karir. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji regresi linear sederhana. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan social orangtua terhadap kematangan karir siswa SMK kelas XII.

Kata Kunci: kematangan karir; dukungan sosial orangtua, siswa SMK

Article Details

How to Cite
Anggreni, Y. D. (2021). Peran Dukungan Sosial Orangtua dan Kematangan Karir Siswa SMK Kelas XII di Surabaya. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 5(1). https://doi.org/10.36002/jpm.v5i1.1627
Section
Articles