Optimalisasi Teknologi Pemasaran dengan Psikoedukasi di Paguyuban Batik Bima Sakti Yogyakarta

Candra Indraswari, Muhammad Ziadatul Farochi, Rohman Priyanto, Isti Thobah, Istaufa Sabila

Abstract


Abstrak. Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO sejak tahun 2009 silam. Meskipun batik sudah dikenal oleh masyarakat lokal maupun mancanegara, namun beberapa pengrajin batik masih terkendala oleh sistem pemasaran yang masih tradisional. Berbagai teknik dalam pemasaran pun berkembang dengan pesat seiring berkembangnya teknologi, salah satunya dalam usaha batik. Penelitian kali ini dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di Paguyuban Batik Bima Sakti. Metode penelitian kali ini adalah kualitatif studi kasus dengan observasi dan wawancara semi terstruktur sebagai alat pengumpulan data. Informan penelitian kali ini adalah ketua Paguyuban Batik Bima Sakti yaitu Ibu Hartinah. Triangulasi waktu digunakan untuk mengetahui kredibilitas data. Hasil menunjukkan bahwa Paguyuban Batik Bima Sakti membutuhkan teknologi informasi berbasis e-commerce untuk memasarkan produk mereka. Oleh karenanya, penelitian kali ini juga menggunakan metode psikoedukasi untuk mengajarkan e-commerce ke salah satu anggota paguyuban. Harapannya, hal tersebut menjadi salah satu solusi untuk memasarkan produk mereka.

Kata kunci: Batik, pemasaran, psikoedukasi, teknologi

Abstract. Batik is a cloth of Indonesia that is set as UNESCO cultural heritage since 2009. Although batik is already known by locals and foreigners, many craftsman batiks are hampered by a traditional system for marketing. This research was conducted with the aim of optimizing the marketing strategy in the Bima Sakti Batik Society. The research method used qualitative case study with semi-structured observation and interviews as a data collection tool. The informant of this research was the head of the Bima Sakti Batik Society, Mrs. Hartinah. Time triangulation was used to determine the credibility of the data. The results showed that the Bima Sakti Batik Association need e-commerce-based information technology to market their products. Therefore, this research also used psychoeducational methods to teach e-commerce to a member of the association. The hope was that the ecommerce could be one of solution to market their products.

Keywords: Batik, cognitive, marketing, technology


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(ISSN:2745-5890 (Online), (ISSN:2580-4065 (Cetak)

Diterbitkan Oleh :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Dhyana Pura - Bali. Program Studi Psikologi Universitas Dhyana Pura

Kantor Editorial :

Jl Raya Padang Luwih Dalung Badung Bali

Telp/Fax : 361426450/361241929

Email : mandala@undhirabali.ac.id