Upaya Awal Re-Branding pada Desa Wisata Setren Opak Yogyakarta: Sebuah Studi Kasus

Candra Indraswari, Nur Izzatin Nisa, Ghozali Nassrul Arif, Taufik Hidayat, Nur Akmalia

Abstract


Abstrak. Pandemi Covid-19 membuat semua lini di kehidupan berubah, tidak terkecuali pada desa wisata. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan desa wisata Setren Opak guna membatu mengenalkan ke masyarakat sekitar. Hal tersebut dilakukan agar wisata Setren Opak menjadi destinasi yang mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Metode penelitian kali ini adalah kualitatif studi kasus yang melibatkan tiga orang informan. Teknik pengambilan data adalah observasi, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Penelitian kali ini menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Penelitian kali ini juga termasuk dalam penelitian aksi untuk memecahkan permasalahan dengan memberikan penyuluhan pengetahuan terkait dengan mem-branding ulang tempat wisata. Hasil menunjukkan bahwa inovasi dalam pemasaran penting dilakukan, terlebih pemuda, sebagai SDM di Setren Opak cukup banyak. Dengan demikian, perlu edukasi mengenai branding pada Desa Wisata Setren Opak agar tidak semakin tenggelam di tengah pandemi. Kata kunci: Desa wisata, e-branding, studi kasus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(ISSN:2745-5890 (Online), (ISSN:2580-4065 (Cetak)

Diterbitkan Oleh :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Dhyana Pura - Bali. Program Studi Psikologi Universitas Dhyana Pura

Kantor Editorial :

Jl Raya Padang Luwih Dalung Badung Bali

Telp/Fax : 361426450/361241929

Email : mandala@undhirabali.ac.id