Analisis Metode Pembelajaran Individu Disleksia: Sebuah Kajian Literatur

Main Article Content

Ni Wayan Orissa Hrdayani Mas Manuaba
Aria Saloka Immanuel

Abstract

Disleksia ditandai dengan kesulitan dengan pemrosesan fonologis, penamaan yang cepat, memori kerja, kecepatan pemrosesan, dan pengembangan keterampilan otomatis yang mungkin tidak sesuai dengan kemampuan kognitif individu lainnya. Dalam proses belajar mengajar, hal yang paling terlihat dari siswa adalah bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan selama proses itu berlangsung. Metode pembelajaran ini menjadi salah satu aspek bagi individu mencapai prestasi akademik. Studi ini merupakan studi literatur yang bertujuan menganalisis metode pembelajaran yang efektif bagi individu dengan disleksia. Mesin pencari data melalui situs jurnal internasional yakni Google Scholar, Science Direct, dan Portal Garuda digunakan sebagai alat pencarian data dan terdapat 7 jurnal yang digunakan sebagai sumber data. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran multisensori yang melibatkan seluruh panca indera individu dengan disleksia. Namun dalam kajian ini, metode pembelajaran audio bagi individu dengan disleksia dinilai kurang efektif. Hasil penelitian ini membutuhkan penelitian lanjutan di lapangan.

Kata Kunci: disleksia, metode pembelajaran, pendekatan multisensori

Article Details

How to Cite
Manuaba, N. W. O. H. M., & Immanuel, A. S. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Individu Disleksia: Sebuah Kajian Literatur. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 6(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/2126
Section
Articles