Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 22 Pontianak
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Motivasi belajar merupakan penanan penting dalam prestasi belajar, siswa akan
mencapai prestasi yang baik di kelas jika mereka termotivasi untuk belajar. Siswa yang
kurang terlibat dalam pembelajaran dan banyaknya siswa yang tidak berinisiatif untuk
bertanya kepada guru ketika mereka tidak memahami materi adalah permasalahan yang
paling sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa di
SMP Negeri 22 Pontianak terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar di
sekolah. Korelasi product moment dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini
dan 85 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Skala motivasi belajar dan hasil
dokumentasi berupa nilai rapor semester satu dan semester dua digunakan untuk
mengumpulkan data. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 22
Pontianak memiliki hubungan positif dan signifikan pada variabel motivasi belajar dengan
prestasi belajar. Kekuatan korelasinya sedang, dengan nilai 0,561 dan tingkat signifikansi =
0,000 (p < 0,05). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 31,47% dan
sisanya sebesar 68,53% hubungan tersebut dipengaruhi oleh variabel lain.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Awiria. (2021). Hubungan antara
Kedisiplinan Belajar Siswa dengan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V
Sekolah Dasar. Pendidikan dan
Pembelajaran Dasar. Vol. 8 (1): 1-
Azwar, S. (2021). Reliabilitas & Validitas.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Djamarah, S. B. (2017). Prestasi Belajar
dan Kompetensi Guru. Surabaya:
Usaha Nasional.
Fauziah, A dkk. (2017). Hubungan Antara
Motivasi Belajar dengan Minat
Belajar Siswa Kelas SDN Poris
Gaga 05 Kota Tangerang.
Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4
(2): 47-53.
Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi Belajar.
Malang: Literasi Nusantara.
Rozikin, S dkk. (2018). Hubungan Minat
Belajar Siswa dengan Prestasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Kimia di SMA Negeri 1 Tebat
Karai dan SMA Negeri 1
Kabupaten Kepahiang. Pendidikan
dan Ilmu Kimia. Vol. 2 (1): 78-81.
Santrock, J. W. (2010). Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suardi, M. (2018). Belajar &
Pembelajaran. Yogyakarta:
Deepublish.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni. S. E dkk. (2021). Hubungan
Gaya Belajar dengan Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas
XI SMK Muhammadiyah 1
Palembang. Inovasi Pendidikan
Matematika. Vol. 3 (2): 208-216.
Winkel, W. S. (2012). Psikologi
Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.
Wahyuni. S. E dkk. (2021). Hubungan
Gaya Belajar dengan Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas Jurnal Psikologi MANDALA
, Vol. 7, No. 1, 1-14
ISSN: 2580-4065 (Cetak)
ISSN: 2745-5890 (Elektronik)