Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 22 Pontianak

Main Article Content

Silvi Yuniarty
Riszky Ramadhan
Rizki Fitlya

Abstract

Motivasi belajar merupakan penanan penting dalam prestasi belajar, siswa akan
mencapai prestasi yang baik di kelas jika mereka termotivasi untuk belajar. Siswa yang
kurang terlibat dalam pembelajaran dan banyaknya siswa yang tidak berinisiatif untuk
bertanya kepada guru ketika mereka tidak memahami materi adalah permasalahan yang
paling sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa di
SMP Negeri 22 Pontianak terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar di
sekolah. Korelasi product moment dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini
dan 85 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Skala motivasi belajar dan hasil
dokumentasi berupa nilai rapor semester satu dan semester dua digunakan untuk
mengumpulkan data. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 22
Pontianak memiliki hubungan positif dan signifikan pada variabel motivasi belajar dengan
prestasi belajar. Kekuatan korelasinya sedang, dengan nilai 0,561 dan tingkat signifikansi =
0,000 (p < 0,05). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 31,47% dan
sisanya sebesar 68,53% hubungan tersebut dipengaruhi oleh variabel lain.

Article Details

How to Cite
Silvi Yuniarty, Riszky Ramadhan, & Rizki Fitlya. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 22 Pontianak. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 7(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/2516
Section
Articles

References

Awiria. (2021). Hubungan antara

Kedisiplinan Belajar Siswa dengan

Prestasi Belajar Mata Pelajaran

Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V

Sekolah Dasar. Pendidikan dan

Pembelajaran Dasar. Vol. 8 (1): 1-

Azwar, S. (2021). Reliabilitas & Validitas.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Djamarah, S. B. (2017). Prestasi Belajar

dan Kompetensi Guru. Surabaya:

Usaha Nasional.

Fauziah, A dkk. (2017). Hubungan Antara

Motivasi Belajar dengan Minat

Belajar Siswa Kelas SDN Poris

Gaga 05 Kota Tangerang.

Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4

(2): 47-53.

Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi Belajar.

Malang: Literasi Nusantara.

Rozikin, S dkk. (2018). Hubungan Minat

Belajar Siswa dengan Prestasi

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Kimia di SMA Negeri 1 Tebat

Karai dan SMA Negeri 1

Kabupaten Kepahiang. Pendidikan

dan Ilmu Kimia. Vol. 2 (1): 78-81.

Santrock, J. W. (2010). Psikologi

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suardi, M. (2018). Belajar &

Pembelajaran. Yogyakarta:

Deepublish.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni. S. E dkk. (2021). Hubungan

Gaya Belajar dengan Prestasi

Belajar Matematika Siswa Kelas

XI SMK Muhammadiyah 1

Palembang. Inovasi Pendidikan

Matematika. Vol. 3 (2): 208-216.

Winkel, W. S. (2012). Psikologi

Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.

Wahyuni. S. E dkk. (2021). Hubungan

Gaya Belajar dengan Prestasi

Belajar Matematika Siswa Kelas Jurnal Psikologi MANDALA

, Vol. 7, No. 1, 1-14

ISSN: 2580-4065 (Cetak)

ISSN: 2745-5890 (Elektronik)