Kematangan Karir dengan Kecemasan Karir Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Dampak dari Covid-19 belum memulihkan kondisi perekonomian dan industri
dunia kerja, hal ini menimbulkan kecemasan karir pada mahasiswa tingkat akhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan kematangan karir dengan
kecemasan karir pada mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini merupakan metode kuantitatif yang berarti penelitian berupa angka-angka
dan dengan analisis menggunakan statistik dengan analisis data menggunakan Product
Moment. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir dengan kriteria
tidak sedang magang, tidak sedang cuti kuliah dan tidak sedang mengikuti program
pertukaran pelajar. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara
kematangan karir dan kecemasan karir dengan nilai sig sebesar 0,000. Artinya semakin
tinggi kematangan karir maka semakin tinggi pula kecemasan karir pada mahasiswa
tingkat akhir. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa kematangan karir tidak cukup
untuk mengatasi kecemasan karir pada mahasiswa tingkat akhir selama masa paska
pemulihan Covid, Oleh karena itu disarankan penelitian selanjutnya untuk mengkaji
variabel lain yang sekiranya dapat berhubungan negatif terhadap kecemasan karir
seperti efikasi diri.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adriansyah, M., Rahayu, D., & Prastika, N. (2015). Pengaruh terapi berpikir positif, cognitive behavior therapy (cbt), mengelola hidup dan merencanakan masa depan (mhmmd) terhadap penurunan kecemasan karir pada mahasiswa universitas mulawarman. 12, 41–50.
Ash Shiddiqy, A. R., Suherman, U., & Agustin, M. (2019). Efektivitas bimbingan karier terhadap kematangan karier mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 301–311.
Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi. In Pustaka Pelajar (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka belajar.
Blustein, D. L., & Phillips, S. D. (1988). Individual and contextual factors in career exploration. Journal of Vocational Behavior, 33(2), 203–216. https://doi.org/10.1016/0001-8791(88)90056-5
Chen, L., & Zeng, S. (2021). The Relationship Between Intolerance of Uncertainty and Employment Anxiety of Graduates During COVID-19: The Moderating Role of Career Planning. Frontiers in Psychology, 12(October). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.694785
Chowdhury, U., Suvro, M. A. H., Farhan, S. M. D., & Uddin, M. J. (2022). Depression and stress regarding future career among university students during covid-19 pandemic. PLOS ONE.
CNN Indonesia. (2023, May 5). BPS: Masih Ada 7,99 Juta Pengangguran di Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230505102738-92-945621/bps-masih-ada-799-juta-pengangguran-di-indonesia
Dewi, I. R. (2023). Daftar Startup yang PHK, Bangkrut, dan Tutup Layanan 2022. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221230172840-37-401628/daftar-startup-yang-phk-bangkrut-dan-tutup-layanan-2022
Hamzah, A. (2020). Kematangan karir (N. Rahma (ed.)). Malang: CV. Literasi nusantara abadi.
Jatmika, D., & Linda. (2015). Gambaran kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir. Proceedings of the National Academy of Sciences, 8, 185–203.
Javier, F. (2022). BPS: Tingkat Pengangguran Terbuka Sebesar 5,83 Persen pada Febuari 2022. Tempo.Co. https://data.tempo.co/data/1419/bps-tingkat-pengangguran-terbuka-sebesar-583-persen-pada-februari-2022
Kelly, K. R. (2016). Aspects of Career-Decision-Making. 403–424.
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Analitika, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110
Mariah, W., Yusmami, Y., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(2), 60. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i2.8164
Muhson, A., Wahyuni, D., & Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia (Yogyakarta), 8(1), 42–52.
Nela, D. J. (2017). Chapter report bimbingan dan konseling perkembangan karir teori perkembangan karir, super, savickas, dan blustein. Teori Perkembangan Karir, Super, Savickas, Adn Blustein, 32.
Noviyanti, A. (2021). Dinamika kecemasan karir pada mahasiswa tingkat akhir.
Nugraheny, D. E. (2023, May 9). WHO Cabut Status Darurat Covid-19, Kemenkes Sebut Sejumlah Aturan Baru Akan Diterbitkan. https://nasional.kompas.com/read/2023/05/09/18372681/who-cabut-status-darurat-covid-19-kemenkes-sebut-sejumlah-aturan-baru-akan
Pongantung, P. Y., Kwalomine, A., & Mumbunan, M. T. (2022). Quarter life crisis pada lulusan perguruan tinggi di kota manado. 1.
Prideaux, L.-A., & Creed, P. A. (2001). Career Maturity, Career Decision-Making Self-Efficacy and Career Indecision: A Review of the Accrued Evidence. Australian Journal of Career Development, 10(3), 7–12. https://doi.org/10.1177/103841620101000303
Purwandika, R., & Ayriza, Y. (2019). The Influence of Self-Efficacy on Career Maturity of High School Students in Pacitan Regency. Proceedings of the 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019, 93–97. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.021
Putra, A. R. N. (2021). Kecemasan karir pada usia remaja akhir. 3, 2. ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/2808
Ramadhan, M. H., Purwana, D., & Rahmadania, R. F. (2021). the relationship of self esteem and self efficacy with career maturity of students faculty of econimc, Jakarta State University. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akutansi, 1(1), 33–42. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPEPA.007.x.x
Ramli, R. R. (2022). Turun 350.000 orang. Jumlah pengangguran masih lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/05/09/143000826/turun-350.000-orang-jumlah-pengangguran-masih-lebih-tinggi-dibandingkan
Riyadi, A. R. (2017). Pengembangan alat ukur kematangan karier siswa sekolah menengah atas. 05(1), 20.
Riyanto, A., & Arini, D. P. (2021). Analisis deskriptif quarter-life crisis pada lulusan perguruan tinggi universitas katholik musi charitas. 3. academia.edu/55772258/Analisis_Deskriptif_Quarter_Life_Crisis_Pada_Lulusan_Perguruan_Tinggi_Universitas_Katolik_Musi_Charitas
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian (Ayup (ed.)). Yogyakarta: Literasi Media.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Super, D. E., & Super, M. C. (2001). Opportunitres in psychology careers. VGM Career Books. https://onesearch.id/Record/IOS8157.ai:slims-113475
Suryanti, R., Yusuf, M., & Priyatama, A. (2011). Hubungan antara locus of control internal dan konsep diri dengan kematangan karir pada siswa kelas XI smk negeri 2 surakarta. 4, 18.
Tsai, C. T. (Simon), Hsu, H., & Hsu, Y. C. (2017). Tourism and Hospitality College Students’ Career Anxiety: Scale Development and Validation. Journal of Hospitality and Tourism Education, 29(4), 158–165. https://doi.org/10.1080/10963758.2017.1382365
Üngüren, E., & Kaçmaz, Y. Y. (2022). Does COVID-19 pandemic trigger career anxiety in tourism students? Exploring the role of psychological resilience. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 30(December 2021). https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100369
Walker, T. L., & Tracey, T. J. G. (2012). The role of future time perspective in career decision-making. Journal of Vocational Behavior, 81(2), 150–158. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.06.002
Widyastuti, A. . (2021). Dukungan sosial orang tua dan kecemasan terhadap karir masa depan pada mahasiswa tingkat akhir di Yogyakarta.
Yu, E.-Y., & Yang, Y.-J. (2013). A Study on the Difference among College Students’ Department Satisfaction and Career Maturity and the Influence on Career Stress. The Journal of Digital Policy and Management, 11(12), 557–568. https://doi.org/10.14400/jdpm.2013.11.12.557
Yusuf, A, M. (2017). Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan (Pertama). Jakarta: Prenadamedia group.
Yusuf, A, M. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia group.