Peran Efikasi Diri dan Kegigihan terhadap Perilaku Prososial Guru Sekolah Luar Biasa

Main Article Content

Ni Wayan Orissa Hrdayani Mas Manuaba
Adijanti Marheni

Abstract

Menempuh dan memperoleh pendidikan yang layak menjadi hak utama bagi setiap peserta didik, tanpa terkecuali anak berkebutuhan khusus (ABK). Dengan kondisi ini, mereka sangat membutuhkan pendidikan serta pelayanan khusus dalam menempuh pendidikan dengan bantuan guru di Sekolah Luar Biasa (SLB). Kompleks dan tingginya beban kerja sebagai guru yang mengajar di SLB akan berdampak pada perilaku prososial guru. Perilaku prososial guru di SLB didefinisikan sebagai suatu tindakan yang sifatnya sukarela yang bertujuan untuk membantu siswa. Jika guru SLB memiliki tingkat perilaku prososial yang tinggi, tentu akan membantu produktivitas dan jalannya kegiatan di SLB. Efikasi diri dan kegigihan menjadi faktor yang berkontribusi terhadap tinggi rendahnya perilaku prososial yang dimunculkan oleh guru di SLB. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran efikasi diri dan kegigihan terhadap perilaku prososial guru di SLB. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling. Teknik probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah cluster sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,657. Nilai tersebut menunjukkan bahwa efikasi diri dan kegigihan berperan terhadap perilaku prososial sebesar 65,7%. Koefisien beta terstandarisasi dari kedua variabel bebas menunjukkan nilai positif yang berarti efikasi diri dan kegigihan berkorelasi positif terhadap perilaku prososial. Hal tersebut menunjukkan bahwa efikasi diri dan kegigihan secara bersama-sama berperan pada tingkat perilaku prososial guru di SLB.

Article Details

How to Cite
Ni Wayan Orissa Hrdayani Mas Manuaba, & Adijanti Marheni. (2023). Peran Efikasi Diri dan Kegigihan terhadap Perilaku Prososial Guru Sekolah Luar Biasa. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 7(1). https://doi.org/10.36002/jpm.v7i1.2527
Section
Articles

References

Anzala, A. dan Herlena, B. (2018). Hubungan efikasi diri dengan perilaku prososial pada santri mahasiswa di pondok pesantren X Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (edisi kedua). Yogyakart: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas (edisi keempat). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2015). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (edisi kedua). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Agustin, K., & Afriyeni, N. (2016). Peran efikasi diri terhadap subjective well-being pada guru slb di Kota Padang. Rap (Riset Aktual Psikologi), 7(1) 36–43.

Bachan, E. & Hoffenbartal, D. (2015). The existence of sense of coherence in teaching situation among student-teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 722-729.

Bandura, A. (1997). Efikasi diri: the exercise of control. New York: W.H. Freeman & Company.

Baron, R.A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga

Baudinet, O. (2013). Classroom and Sport Specific Environments. Thesis Presented in Partial Fulfilment of the Requirements for the Degree of Master of Science in Psychology at Massey University, Albany, New Zealand.

Benelli, B., & Altoe, G. (2008). Determinants of adolescents’ active defending and passive bystanding behavior in bullying. Journal of Adolescence, 31, 93–105. https://doi.org10.1016/j.adolescence.2007.05.002

Cahyaningtyas, H., Dale, A. A., Karimah, F. N., & Caesaria, I. (2020). Kebahagiaan pada guru sekolah luar biasa (SLB). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 93–102. https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.11133

Carlo, G & Randall, B. (2002). The development of a measure of prosocial behaviors for late adolesence. Journal of Youth and Adolescence, 1, 31-44. http://dx.doi.org/10.1023/A:1014033032440

Carlo, G., Knight, G.P., McGinley, M., Zamboanga, B.L., Jarvis, L.H. (2010). The multidimensionality of prosocial behaviors and evidence of measurement equivalence in Mexican American and European American early adolescents. Journal of Research on Adolescence, 20, 334-358.https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00637.x

DePaul, A. (1998). What to expect your first year of teaching. Education research and improvement. US: Department of Education.

Dharma, Kusuma K. (2011), Metodologi Penelitian Keperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans InfoMedia.

Duckworth, A. L., & Quinn, P. D. (2009). Development and validation of the short grit scale. Journal of Personality Assessment, 91(2), 166–174. https://doi.org/10.1080/00223890802634290

Duckworth, A. L., & Seligman, M. E. P. (2005). Self-discipline outdoes IQ in predicting academic performance of adolescents. Psychological Science, 16(12), 939–944. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.2005.01641.x

Duckworth, A. L., Gendler, T. S., Gross, J. J. (2014). Self-control in school-age children. Educational Psychologist, 49(3),199–217. https://doi.org/10.1080/00461520.2014.926225

Duckworth, A. L., Grant, H., Loew, B., Oettingen, G., & Gollwitzer, P. M. (2011). Self-regulation strategies improve self-discipline in adolescents: Benefits of mental contrasting and implementation intentions. Educational Psychology, 31(1), 17–26. https://doi.org/10.1080/01443410.2010.506003

Duckworth, A. L., Peterson. C. Matthews. M. D., & Kelly. D. R. (2007). Grit: perseverance and passion for long term goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92 (6), 1087-1101. https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087

Duckworth, Angela Lee. (2016). Grit : The power of passion and perseverance. New York : Scribner.

Dweck, Carol S. (2007). Mindset: The new psychology of success. New York: Random House, Inc.

Efendi, Mohammad. (2006). Psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Egalite, A. J., Kisida, B., & Winters, M. A. (2015). Representation in the classroom: The effect of own-race teachers on student achievement. Economics of Education Review, 45, 44-52. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2015.01.007

Eisenberg, N. & Mussen, P.H. (1989). The roots of prosocial behavior in children. New York : Cambridge University Press

Eisenberg, Nancy. (1982). The development of prosocial behavior. New York: Academic Press.

Farhaya, T. P., & Wahyudi, H. (2015). Studi deskriptif mengenai perilaku prososial pada guru di sekolah dasar negeri putraco indah bandung. Prosiding Psikologi, 58.

Fitaloka, N. Akbar, D. S., Hadian R. (2020). Hubungan perilaku prososial dengan kegigihan pada volunteer yayasan pemuda peduli di kota bandung. Prosiding Psikologi. 6(1). ISSN 2460-6448.

Gibbs, J. C. (2014). Moral development and reality: Beyond the theories of Kohlberg, Hoffman, and Haidt. New York: Oxford University Press. Gini,

G., Albiero, P., Benelli, B., & Altoe, G. (2008). Determinants of adolescents’ active defending and passive bystanding behavior in bullying. Journal of Adolescence, 31, 93-105.https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2007.05.002

Gist, M. E. (1992). Efikasi diri: the theoretical analysis of its determinants and malleability. Academy of management review. 17(2). 183-211. http://dx.doi.org/10.5465/AMR.1992.4279530

Hanisah, Solfiah Y., Kurnia R. (2019). Hubungan efikasi diri dengan perilaku prososial pada guru PAUD kabupaten indragiri hilir. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 125-133. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(2).4470

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantiatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hochanadel, A., & Finamore, D. (2015). Fixed and growth mindset in education and how grit helps students persist in the face of adversity. Journal of International Education Research (JIER), 11(1), 47. https://doi.org/10.19030/jier.v11i1.9099

Humanika Hardy, S. A., & Carlo, G. (2011). Moral identity. Handbook of identity theory and research. New York, NY: Springer. 495-513.

Husaini Usman, Purnomo. (2001). Metode penelitian sosial. Jakarta: PT Bumi Aksaran

Ibrahim, B., & Mohamad, N. H. (2018). Tahap kegigihan dalam kalangan guru negeri di Johor. Journal of Social Science and Humanities, 3(1), 49-63.

Irianto, A. (2010). Statistika Konsep, Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2022, Desember 1). Arti kata perilaku. Kbbi.web.id. https://kbbi.web.id/perilaku

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2022, Desember 1). Arti kata sekolah. Kbbi.web.id. https://kbbi.web.id/sekolah

Karaben, G. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial guru di slb negeri semarang. Jurnal Empati, 9(4),294-299. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28953

Karlingger, F. N. (2006). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: UGM Press.

Kartono, Kartini (2014). Patologi Sosial 2: kenakalan remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019, November 23). Kemendikbud Ajak Daerah Tingkatkan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/kemendikbud-ajak-daerah-tingkatkan-pendidikan-inklusif

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018, Agustus 10). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 32 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/128835/Permendikbud%20No%20%2032%20Tahun%202018.pdf

King, L. (2010). Psikologi umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Lee, S., & Sohn, Y. W. (2017). Effects of grit on academic achievement and career-related attitudes of college students in korea. Social Behavior and Personality: An International Journal, 45, 1629-1642. https://doi.org/10.2224/sbp.6400

Malinauskas, R. & Saulius, T. (2019). Social efikasi diri and prosocial behaviour among students of high and youth schools. European Journal of Contemporary Education. 8(3). https://doi.org/10.13187/ejced.2019.3.542

Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan pendidikan anak luar biasa. Jakarta: LPSP3 UI.

Megawati, E., & Kartika, Y. (2016). Hubungan antara perilaku prososial dengan psychological well-being pada remaja elisa megawati dan yohanes kartika herdiyanto. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 132–141. https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i01.p13

Mesurado, B., Guerra, P., Richaud, M.C., Rodriguez, L.M. (2019). Effectiveness of prosocial behavior interventions: A meta-analysis. Psychiatry and Neuroscience Journal. 259-271. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95360-1_21

Muhibbin, M. A., & Suryanto. (2019). Model kegigihan pada guru shadow (studi fenomenologi mengenai kegigihan pada guru shadow di sekolah inklusi). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi UMBY, 12-22.

Nastiti, N., Wahidah, F. Wulandari, D.A., Grafiyana, G. (2022). The role of a growth mindset on kegigihan among teachers of senior high school in purwokerto. Education, Sustainability & Society. http://doi.org/10.26480/ess.01.2022.28.31

Neolaka. A. (2019). Isu-isu kritis pendidikan utama dan tetap penting namun terabaikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Deepublish.

Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pendidikan Luar Biasa No. 72, Pub. L. No. 72 (1991). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/58418/pp-no-72-tahun-1991

Pradnyana, A. A. G. P. S., & Lestari, M. D. (2016). Peran perilaku prososial, efikasi diri dan empati pada pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Bali. Cultural Health Psychology, 177–188.

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 237-242.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Priyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing

Rahmawati, A. D. (2016). Prosocial behavior pattern of solo mengajar volunteer students. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Renee B. Patrick, Andrew J. Bodine, John C. Gibbs & Karen S. Basinger (2018). What accounts for prosocial behavior? roles of moral identity, moral judgment, and self- efficacy beliefs. The Journal of Genetic Psychology.https://doi/org/10.1080/00221325.2018.1491472

Risma, D. (2012). Peran kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan: penelitian eksperimen. Jurnal. Educhild, 1(1).

Sari, R. P., & Handayani, A. (2017). Hubungan efikasi diri dan stres kerja pada guru sekolah luar biasa negeri semarang. Proyeksi, 12(2), 53–58.

Sarwono, S. W. & Eko A. M. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Penerbit Salemba

Satu Data Provinsi Bali. (2022, Desember 5). Jumlah SLB, Jumlah Murid Dan Guru Per Kabupaten/Kota | Satu Data Indonesia Provinsi Bali. Balisatudata.baliprov.go.id. https://balisatudata.baliprov.go.id/laporan/jumlah-slb-jumlah-murid-dan-guru-per-kabupatenkota?year=2021

Santoso. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Schroeder, Roger G. (2006). Operations Management: Contemporary Concepts and Cases Edisi Ketiga. Singapore: McGraw Hill.

Staub, E. (1978). Positive Social behavior and morality: social and personal influences. New York: Academy Press.

Sudarji, S. & Juniarti, F. (2020). Perbedaan Kegigihan pada Mahasiswa Perantau dan Bukan Perantau di Universitas “X”. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung. 2(1).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. (2019). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Swanson, R. A. (1999). The foundations of performance improvement and implication for practice in torraco. 1-25.

Thompson, J. L., Manore, M. M. dan Vaughan, L. A. (2011). The Science of Nutrition (Edisi Kedua). USA: Pearson Education Inc.

Tschannen-Moran, M & Woolfolk Hoy, A. (2001). Teacher efficacy : Capturing an elusive construct. Teaching and Teacher Education, 17, 783-805

Wentzel, K. R. (2014). Prosocial behavior and peer relations in adolescence. New York: Oxford University Press. 178-200.

Weymans, Vincent (2010). Psychological predictors for prosocial behavior: A large-scale survey in Flanders. Universiteit Gent.

Widyasari, P., & Novara, A.A. (2018). Peran strategi pengajaran guru dalam relasi antara efikasi guru dan penerimaan teman sebaya terhadap siswa di sekolah inklusif. Jurnal Psikologi Sosial. 16(2), 101-113. https://doi.org/10.7454/jps.2018.10