Pelaksanaan Coaching & Counselling pada Guru Korban KDRT di Paud X Tabanan

Main Article Content

Wiriana

Abstract

Guru PAUD memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar dalam
mendidik siswa sebagai harapan bangsa. Masalah pribadi seperti masalah
keluarga mempengaruhi kinerja para guru. Hasil survey awal pada semua guru
di Paud X Tabanan menemukan ada 3 orang guru yang mengalami KDRT
(fisik dan psikis) yang mempengaruhi kinerja dan self esteem-nya. Terkait hal
tersebut maka pihak yayasan mengadakan program supervisi klinis berupa
coaching & counselling secara intensif kepada 3 orang guru yang mengalami
KDRT, mengalami penurunan kinerja serta mendapatkan complain dari
orangtua/wali murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pemberian coaching & counselling pada guru-guru PAUD yang mengalami
KDRT baik secara fisik dan psikologis. Indikator keberhasilan dinilai dari
adanya peningkatan self esteem dan peningkatan kinerja sebagai guru PAUD.
Keunikkan dari penelitian ini adalah menggunakan pendekatan holistic dalam
proses coaching & counselling. Sebelum mengikuti proses coaching &
counselling diketahui 3 orang guru tersebut memiliki self esteem yang
cenderung lemah serta memiliki kinerja yang kurang. Ketiga orang guru
merasa tidak berdaya namun tidak dapat melakukan apa-apa. Suami dan
keluarga suami juga mengontrol perilaku mereka dengan cara memberikan
pembatasan-pembatasan dalam bersikap dan berperilaku. Ketidakberdayaan
dan rasa marah yang dipendam membuat kinerja mereka menjadi tidak
optimal, kurang melakukan perawatan diri serta memiliki self esteem yang
rendah. Setelah mengikuti proses coaching & counselling ketiga orang guru
tersebut mengalami peningkatan kinerja serta self esteem. Kelemahan dari
penelitian ini terletak pada indikator atau alat ukur yang bersifat sangat
spesifik, yaitu menggunakan penilaian kinerja guru yang ditetapkan oleh pihak
yayasan. Saran ke depannya untuk menggunakan alat ukur standar untuk
mengetahui tingkat self esteem pada guru serta penilaian kinerja guru.

Article Details

How to Cite
Wiriana. (2024). Pelaksanaan Coaching & Counselling pada Guru Korban KDRT di Paud X Tabanan . JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 8(1). https://doi.org/10.36002/jpm.v8i1.3004
Section
Articles

References

Friedman, Howard S dan Schustack,

Miriam W. (2006). Kepribadian

Jilid 1. Alih bahasa :

Benedictine Widyasinta.

Penerbit Erlangga.

Hana, L. (2016). Jurnal Studi Kultural:

Kasus Pemerkosaan dan

Pembunuhan Yuyundalam

Kacamata Kultur Patriarki. In

Jurnal Studi Kultural: Vol. I

(Issue 2). www.an1mage.org

Hill, Virgil Zeigler (2013). Self Esteem :

current issue in social

psychology. Psychology Press

Sutrisminah, Erni. (2012). Jurnal

Majalah Ilmiah Sultan Agung.

Vol. 15 no.127

Santrock, J.W. (2011). Life Span

Development. 13th edition. Mc

Graw Hills

Yudana, I Made dan Windari, Ratna

Artha (2012). Studi Kasus

Tentang Kekerasan dan

Dampaknya terhadap

Perkembangan Kognitif Anak

di Desa Kalibukbuk,

Kecamatan Buleleng,

Kabupaten Buleleng Propinsi

Bali. Jurnal Pendidikan

Kewarganegaraan Undiksha.

Jilid 2 Nomor 3.