Peran Adversity Intelligence terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Psikologi dalam Tahap Emerging Adulthood

Main Article Content

Ni Made Diah Paramitha Putri
Ni Luh Indah Desira Swandi

Abstract

Mahasiswa yang berada pada masa emerging adulthood akan menghadapi berbagai tantangan dalam rangka mengeksplorasi identitas. Tidak jarang mahasiswa mengalami kecemasan saat menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan untuk mencapai tujuannya. Adversity intelligence dapat membantu mahasiswa untuk menurunkan kecemasan yang dialami agar tidak mengarah kepada kecemasan yang lebih parah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran adversity intelligence terhadap kecemasan mahasiswa yang berada pada tahap perkembangan emerging adulthood. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 210 orang mahasiswa aktif Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang diambil dengan teknik sampling disproportionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Kecemasan dan Skala Adversity Intelligence. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,787 dengan nilai determinasi (R2) sebesar 0,620 yang menunjukkan bahwa adversity intelligence memiliki peran sebesar 62% terhadap kecemasan mahasiswa. Koefisien beta terstandarisasi adversity intelligence sebesar -0,787 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adversity intelligence berperan dalam menurunkan kecemasan mahasiswa psikologi pada tahap emerging adulthood.

Article Details

How to Cite
Putri, N. M. D. P., & Swandi, N. L. I. D. (2024). Peran Adversity Intelligence terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Psikologi dalam Tahap Emerging Adulthood. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 8(1), 11–24. https://doi.org/10.36002/jpm.v8i1.3015
Section
Articles

References

Adinugraha, R. R., Suprihatin, T., & Fitiriani, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan pada mahasiswa angkatan 2015 yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Seminar Nasional Konstelasi Ilmiah Mahasisswa Unisulla Klaster Humaniora, 000, 367–373.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. In The 5-Minute Clinical Consult Standard 2016: Twenty Fourth Edition (5th ed.). American Psychiatric Publishing. https://doi.org/10.4324/9780429286896-12

Anissa, L. M., Suryani, & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. Medisains: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan, 16(2), 67–75. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/medisains/article/view/2522

Arnett, J. J. (2004). Emergin Adulthood: The Winding Road From the Late Teens Through the Twenties. Oxford University Press, Inc.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (2021). Ketetapan Sidang Paripurna DPM 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. https://bit.ly/HasilSidangParipurnaI2021

Hadi, S. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. FP UGM.

Halim, F. (2019). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendidikan dasar. Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 129–146.

Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grabb, J. A. (2010). Kaplan-Sadock Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Prilaku Psikiatri Klinis. Bina Rupa Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. 12, Undang Undang (2012).

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (5th ed.). Erlangga.

Paputungan, F. F., Gunawan, P. N., Pangemanan, D. H. C., & Khoman, J. A. (2019). Perbedaan tingkat kecemasan berdasarkan jenis kelamin pada tindakan penumpatan gigi. E-CliniC, 7(2), 71–76. https://doi.org/10.35790/ecl.7.2.2019.23879

Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (2022). Buku Pedoman Akademik Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Edisi 2022.

Rumintang, A., & Rustika, I. M. (2020). Peran kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap tingkat kecemasan pada dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 77–92. https://doi.org/10.24843/jpu.2020.v07.i02.p08

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (5th ed.). Erlangga.

Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.