Pemanfaatan Media Audio-Visual Powtoon Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Pancasila Semarang
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas media pembelajaran audio-visual Powtoon dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Pancasila Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan Pre-Experimental Design, model One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 12 siswa yang dipilih melalui metode kuota sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa setelah menggunakan Powtoon, yang dibuktikan dengan Uji T-Test dengan nilai signifikasi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Powtoon efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidik dalam mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran serta memberikan landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Disarankan agar penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan variasi media pembelajaran lainnya untuk lebih mengoptimalkan motivasi belajar siswa di lingkungan pendidikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Astika, R. Y., dkk. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M). 2(2), 85-96.
Awalia, I., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 10(1), 49-56.
Costa, M. (2013). Choosing the Right Assessment Method: Pre-Test/Post-Test Evaluation. Boston University, Cabrillo Colleges SLO Websites. Diakses pada tanggal 29 Juni 2023.
Dewi, F, F., & Handayani, S, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4), 2530-2540.
Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya Dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat. 5(2).
Fajar, S., dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Pengajaran MIPA. 3(2), 101-114.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. 6(1), 104-114.
Harmalis. (2019). Motivasi Belajar Dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling & Development. 1(1), 51-61.
Julianingrum, I. R., dkk. (2015). Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Media Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kholilurrohmi, I. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semester 1 SMAN 1 Pleret. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mahendra, M. (2016). Penerapan Animasi Powtoon Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kragilan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sukoharjo: Univet.
Maulana., dkk. (2019). Keefektifan Media Powtoon Dalam Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Minat Dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD. Indonesian Journal of Conservation. 8(1).
Melinda, A.V., dkk. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. Journal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. 3(2), 158-164.
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 3(2), 207-213.
Nugroho, P. W. A. (2020). Pengembangan Produk Bermedia Powtoon untuk Materi Cerita Pendek Kelas XI MIPA 2 SMA Pangudi Luhur Sedayu. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Peranti, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains). Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika. 2(1), 41-47.
Qurrotaini, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. 1-7.
Risdianto, E. (2019a). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Academia.Edu.
Risdianto, E. (2019b). Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. 1-12.
Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. 6(1), 77-86.
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 3(2), 183-190.
Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Journal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 101-113.
Trina, Z. (2016). Penerapan Media Animasi Audiovisual Menggunakan Software Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi. Aceh: Universitas Syiah Kuala Darussalam.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wisnarni, E., Erviyenni., & Haryati, S. (2016). The Development of Learning Media Based Powtoon on The Subject of Colloid at SMA/MA. Riau: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Wulansari, Y., dkk. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 8(2), 269-279.