Pembelajaran Yang Ajaib: Bagaimana Teori Perkembangan Kognitif Menciptakan BINGO! Moments
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Dari adanya Bingo Nilai dengan di implementasikan teori perkembangan kognitif Piaget dalam pembelajaran memiliki manfaat yang signifikan. Permainan ini dapat membantu siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai melalui kegiatan yang menghibur dan berinteraksi. Kajian literatur digunakan sebagai metode penelitian, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa permainan Bingo Nilai memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kognitif, karakter, dan motivasi intrinsik siswa. Bingo nilai juga aktif melibatkan siswa dalam pembelajaran dan memberikan motivasi intrinsik melalui pemberian poin menciptakan interaksi yang komunikatif. Dengan terus mengembangkan langkah-langkah kreatif dalam membawa keceriaan dalam pembelajaran, diharapkan generasi yang tangguh dapat terbanetuk. Hasil menunjukkan bahwa permainan ini efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dan pemahaman nilai-nilai positif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fidayani, S. (2018). Penggunaan Media Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Nur Mishqi Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).
Handika, H. H., Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124-140.
Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47.
Permadi, K. S., & Dewi, P. Y. A. (2022). Esensi Permainan Playdough Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 41-50.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34.
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55.