Validasi Rancangan Kompetensi Guru Paud Untuk Yayasan Autisme X
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi rancangan kompetensi guru PAUD milik Kurnia (2019) yang nantinya disarankan untuk diterapkan pada Yayasan X. Penelitian ini disusun karena pada Yayasan X belum terdapat tabel kompetensi guru yang dapat dijadikan acuan dalam manajemen sumber daya manusia dan memberikan pembekalan kepada guru terkait pembelajaran siswa ABK. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif dan juga melakukan pengujian dengan uji validitas secara internal. Pengujian dilakukan dengan penilaian skala dan wawancara yang diajukan kepada tiga ahli dan tiga praktisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa susunan tabel kompetensi guru valid karena nilai rata-rata dari ahli dan praktisi lebih besar dari kriteria, yakni sebesar 87,09 > 75, maka susunan tabel kompetensi guru dapat dilakukan uji coba atau diterapkan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktavianu, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Badiastutik, I., Faridi, A., Ramdany, R., Jerimia, R., Tania, P. O. A., Rahmiati, B. F., Lusiana, S. A., Susilawaty, A., Sianturi, E., & Suryana. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.
Agustin, L. D., & Pandia, W. S. S. (2014). Pemahaman Pedagogik Guru dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan. 6(1), 73-98.
Aniska, T. D. (2016). Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Published bachelor degree's thesis, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473-483.
HIMPSI. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.
Kurnia, A. A. I. A. D. (2019). Rancangan Tabel Kompetensi Guru di PAUD SCB Denpasar. Universitas Dhyana Pura, Denpasar, Bali.
Mitrani, Dalziel, M., & Fitt, D. (1992). Competency based human resource management: value-driven strategies for recruitment, development, and reward. London: Kogan Page.
Mu’arifah, I. A. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru Membantu Kesulitan Belajar Abk Dengan Supervisi Akademik Teknik Evaluasi Diri. 4(2).
Noviandari, H., Huda, T. F., & (Prosiding Seminar Nasional FKIP Univeristas PGRI Banyuwangi. (2018). Peran Pemerintah Dalam Pemberian Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Banyuwangi. https://doi.org/10.31227/osf.io/fsx42
Palan, R. (2007). Competency Management. Jakarta: PPM.
Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nasional No. 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus.
Raswa. (2020). Perancangan Pemetaan Model Kompetensi di Tempat Kerja Berbasis Sistem OLAP. JTT (Jurnal Teknologi Terapan), 6(2), 104-111.
Rusyandi, D & Rachmawati, R. (2017). Evaluasi penilaian kinerja dengan menggunakan metode smart dan dampaknya terhadap kepuasan kerja, ISEI Business and Management Review, 12), 79-87.
Santoso, S. (2002). Statistik nonparametrik (edisi revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Spencer, L M & Spencer, S.M. (1993). Competence at work: models for superior performance. USA: John Wiley & Sons, Inc.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional.
Zuhroh, F. (2022). Kompetensi Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Multisitus di MIN 2 Kota Kediri dan MIS Islamiyah Kota Kediri). Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 39-53.