Gambaran Kualitas Persahabatan Pada Remaja di Bali
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas persahabatan
pada remaja di Bali. Penelitian ini dilakukan di 5 kabupaten di bali. Populasi dari
penelitian ini adalah Remaja yang berusia 12-24 tahun dan berdomisili di Bali dan
sampel yang diambil sebanyak 160.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
deskriptif dari data yang didapat dari kuesioner yang disebarkan yang diukur dengan
skala likert. Populasi dari penelitian ini adalah remaja yang berusia 12-24 tahun dan
berdomisili di Bali. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu Purposive
Sampling dan sampel yang diambil sebanyak 160 sampel. Analisis data menggunakan
statistik deskriptif dengan penyajian data dibantu SPSS 26.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kualitas persahabatan pada remaja
memberikan dampak positif dimana para remaja menikmati hubungan yang mendukung
dan memuaskan, sehingga terjalin hubungan persahabatannya yang erat.
Kata Kunci: Gambaran Kualitas Persahabatan, Remaja, Bali
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afero, B., & Adman, A. Peran sebagai faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 215-223.
Aisyah, S. (2019). Antara Kelekatan Teman Sebaya Remaja Dengan Kualitas Persahabatan pada Remajadi SMAN 15 PEKANBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Anggita, G. (2014). Pengaruh Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Sri Metriko Utamawidjaja Palembang (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Anggraini, N. (2017). Antara Persepsi Remaja Terhadap Secure Attachment dari Ibu dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja Akhir (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Angraini, D., & Cucuani, H. (2014). kualitas persahabatan dan empati pada pemaafan remaja akhir. Jurnal Psikologi, 10(1), 18-24.
Asrori, A., Hidayat, T., & Nugroho, A. A. (2010). Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi Di SMP Negeri 9 Surakarta. Wacana, 2(1).
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Baron, R. A., & Byrne, D. 2004. Psikologi Sosial 2. Jakarta: Erlangga. Sarwono, S. W. 2002. Psikologi remaja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Brendgen, Markiewicz, Doyle, & Bukowski. (2001). The Relation Between Friendhip Quality, Renked-Friendhip Preference, And Adolescents Behavior With Their Friends.
Byrne, Z. S., Kacmar, C., Stoner, J., & Hochwarter, W. A. (2005). The relationship between perceptions of politics and depressed mood at work: unique moderators across three levels. Journal of Occupational Health Psychology, 10(4), 330.
Damayanti, P., & Haryanto, H. (2017). dan Kualitas Persahabatan. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(2), 86-97.
Dariyo, A. (2015). Ketrampilan organisasi, kecerdasan emosi dan persahabatan. Dalam Prosiding “Perkembangan Manusia dan Kesejahteraan Psikologisâ€. Malang: Direktorat Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah.
Dariyo, A. (2017). Antara Persahabatan dan kecerdasan Emosi dengan kepuasan hidup remaja. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 168-179.
Daud, F. (2012). Pengaruh (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.
Diantika, E. (2018). antara dan Kualitas Persahabatan pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi, 10(2).
Fauziah, F. (2015). Dengan Prestasi Belajar Remaja Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90-98.
Floyd, K. (2009). Interpersonal Communication: The Whole Story. New York: Mc. Graw Hill Companies.
Herlinda, D., Wasidi, W., & Sulian, I. (2018). kecerdasan emosi dengan kemampuan bersosialisasi siswa di lingkungan sekolah kelas VII SMP Negeri 03 Mukomuko. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(3), 50-58.
Hikmah, N., Sedjo, P.,& Julianti, A. (2019). Pemaafan dan kualitas persahabatan pada santri yang tinggal di pondok pesantren. Jurnal Psikologi, 12(1), 31-43.
Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Uukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. Pedagogia, 13(3), 173-179. Jakarta : Balai Pustaka.
Jasmi, D. M., & Nurmina, N. (2019). Perbedaan Kualitas Persahabatan Remaja di Kota Bukittinggi ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1).
Lana, M. C. D., & Indrawati, K. R. (2021). Peranan kualitas persahabatan Remaja pada kebahagiaan remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 95-108.
Nursyahrurahmah, N. antara kualitas persahabatan dan empati dengan kebahagiaan pada remaja bima. Jurnal Ecopsy, 5(2), 88-93.
Parker, J. G., & Asher, S. R. (1993). Friendship and friendship quality in middle childhood: Links with peer group acceptance and feelings of loneliness and social dissatisfaction. Developmental psychology, 29(4), 611.
Prawitasari, J. E. (1998). Kecerdasan emosi. Buletin Psikologi, 6(1), 21-31.
Rahmat, W. (2014). Pengaruh tipe kepribadian dan kualitas persahabatan dengan kepercayaan pada remaja akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1).
Rokhmah, S. L. (2017). dengan Kualitas Persahabatan pada Remaja Akhir (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Sandjojo, C. T. (2017). antara kualitas persahabatan dengan kebahagiaan pada remaja Urban. CALYPTRA, 6(2), 1721-1739.
Sarwono, S.W. 2005. Psikologi Sosial :Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan.
Susilana, R. (2015). Modul 6 Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, 9.
Sutisna, T., Yusmansyah, Y., & Andriyanto, R. E. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dengan Menggunakan Konseling Client Centered. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(2).
Suyono, N. P., & Nugraha, S. P. (2012). Perbedaan Kualitas Persahabatan Remaja Ditinjau dari Media Komunikasi. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 17(1), 43-48.
Windayani, W., & Anwar, K. (2017). Pengaruh Perilaku Belajar, , Dan Pemahaman Hablumminnannas Terhadap Kepribadian Akademik Di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 16(2), 269-304.
Yanti, C. A., & Akhri, I. J. (2021). Perbedaan Uji Korelasi Pearson, Spearman dan Kendall Tau dalam Menganalisis Kejadian Diare. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 6(1), 51-58.
Kementerian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi (Datin) t.t. Situasi Kesehatan
RAli & Muhson. (2019). Teknik Analisis Kualitatif. Makalah Teknik Analisis II, 7.http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Bryant, E. M., & Marmo, J. (2012). The rules of Facebook friendship: A two-stage examination of interaction rules in close, casual, and acquaintance friendships. Journal of Social and Personal Relationships, 29(8), 1013–1035. https://doi.org/10.1177/0265407512443616
Carroll et al. (2018). Adolescent Reputations and Risk New York.
Djibu Rusdin. (2023). Psikologi Perkembangan (Rahmawati Aeni (ed.)). Mitra Cendekia Media.
Handayani, P. . (2019). Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kesepian pada Wanita Lajang. Universitas Indonesia Gundarma.
Matitaputty & Rozali. (2021). Gambaran Kualitas Persahabatan Pada Remaja DKI Jakarta. Jurnal Psikologi, 2, 223.
Morrison & Nolan. (2019). Too much of a good thing? difficlties with workplace friendships. Business Review, 9.
Munalisa, S., & Agung, I. M. (2023). Peran Kualitas Persahabatan dan Kerendahan Hati dengan Pemaafan pada Remaja. PERSEPSI: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi, 2(1), 76–86.
Parker, J. G., & Asher, S. R. (1993). Friendship and Friendship Quality in Middle Childhood: Links With Peer Group Acceptance and Feelings of Loneliness and Social Dissatisfaction. Developmental Psychology, 29(4), 611–621. https://doi.org/10.1037/0012-1649.29.4.611
Putu Honey. (2023). Viral Video “Bajing Kids†Minum Miras Hingga Uji Kekuatan di Bali, Polisi Sebut Masih Remaja. https://bali.tribunnews.com/2023/07/21/viral-video-bajing-kids-minum-miras-hingga-uji-kekuatan-di-bali-polisi-sebut-masih-remaja
Santrock, J. . (2018). Adolescence Perkembangan Remaja. In Erlangga.
Sari & Masykur. (2018). Pengungkapan Diri Mahasiswa Tahun Pertama Ditinjau Dari Jenis kelamin Dan Harga Diri. Jurnal Psikologi, 11–25. https://doi.org/10.14710/jpu.3.2
Yuliandra & Fahrizki. (2018). Pengembangan Model Latihan Ketepatan. Journal of S.P.O.R.T (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training), 1(2), 1–7. https://ejurnal.teknokrat.ac.id