Pengaruh Pemberian Materi Bacaan Bergambar Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas 3 SD

Main Article Content

Listiyani Dewi Hartika
Cokorda Tesya Kirana
Putu Widiarsana
Luh Ita Diari

Abstract

Abstrak. Membaca merupakan elemen penting dalam pembelajaran pada siswa-siswi SD. Kesulitan memahami isi bacaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: fisiologis, pertimbangan neurologis, jenis kelamin, intelektual, lingkungan, psikologis, minat, kematangan sosial, emosi, dan penyesuaian diri. Faktor yang paling dominan yaitu faktor kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh dari posttest kelompok kontrol dan eksperimen adalah sebesar 0,02, p < 0,05 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Namun hasil analisis uji beda terhadap skor pretest dengan posttest kelompok eksperimen, ditemukan signifikansi sebesar 0,133, p > 0,05 yang menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, hasil data keseluruhan tidak menunjukkan adanya pengaruh pemberian gambar pada bacaan terhadap pemahaman membaca.
Kata kunci: Membaca, Materi Bergambar, dan Siswa SD

Article Details

How to Cite
Hartika, L. D., Kirana, C. T., Widiarsana, P., & Diari, L. I. (2019). Pengaruh Pemberian Materi Bacaan Bergambar Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas 3 SD. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 1(1). https://doi.org/10.36002/jpm.v1i1.578
Section
Articles