Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VIII

Main Article Content

I. G. A. Indah Ardani
Intan Permatasari
Made Surya Bhuana
Ni Made Mega Puspitasari

Abstract

Abstrak. Ada beberapa pendekatan strategi pembelajaran seperti pembelajaran metakognitif dan kooperatif. Penelitian ini hendak menguji strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar. Tiga puluh siswa kelas VIII (Sekolah Menengah Pertama) menjadi partisipan penelitian terbagi secara random ke kelompok kontrol (tidak menerima perlakuan) dan kelompok eksperimen (belajar dengan menggunakan pendekatan tipe jigsaw). Peneliti menggali data prestasi belajar secara khusus pada matapelajaran Pendidikan Agama Hindu. Pembelajaran kooperatif ini meningkatkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Siswa juga dilaporkan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang tidak menerima perlakuan.
Kata kunci: prestasi belajar, strategi pembelajaran, tipe jigsaw

Article Details

How to Cite
Ardani, I. G. A. I., Permatasari, I., Bhuana, M. S., & Puspitasari, N. M. M. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VIII. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 1(1). https://doi.org/10.36002/jpm.v1i1.581
Section
Articles