Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VIII
Article Sidebar
Published:
Jan 24, 2019
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 209
Download : 52
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Ada beberapa pendekatan strategi pembelajaran seperti pembelajaran metakognitif dan kooperatif. Penelitian ini hendak menguji strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar. Tiga puluh siswa kelas VIII (Sekolah Menengah Pertama) menjadi partisipan penelitian terbagi secara random ke kelompok kontrol (tidak menerima perlakuan) dan kelompok eksperimen (belajar dengan menggunakan pendekatan tipe jigsaw). Peneliti menggali data prestasi belajar secara khusus pada matapelajaran Pendidikan Agama Hindu. Pembelajaran kooperatif ini meningkatkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Siswa juga dilaporkan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang tidak menerima perlakuan.
Kata kunci: prestasi belajar, strategi pembelajaran, tipe jigsaw
Kata kunci: prestasi belajar, strategi pembelajaran, tipe jigsaw
Article Details
How to Cite
Ardani, I. G. A. I., Permatasari, I., Bhuana, M. S., & Puspitasari, N. M. M. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VIII. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 1(1). https://doi.org/10.36002/jpm.v1i1.581
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.