PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PEMASARAN BUDIDAYA IKAN GURAMI MINA SEJAHTERA DI DESA PENGERAGOAN, KABUPATEN JEMBRANA

Main Article Content

Ida Bagus Kurniawan
I Made Endra Puniawan

Abstract

ABSTRACT
The development of digital era nowadays provides convenience for the community. One of the conveniences obtained using digital technology is for marketing activities, or much known as digital marketing. This research was conducted on MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises). Where MSMEs that appointed, are gurami cultivation in Mina Sejahtera group at Pengeragoan Village, Jembrana Regency. Gurami cultivators has been used social media to marketed their products. Social media itself are one of the media in digital marketing. This study aims to determine how much the influence of using digital marketing on marketing of Mina Sejahtera gurami fish cultivation in Pengeragoan village, Jembrana Regency. The research was conducted by distributing questionnaires to 50 members of the Mina Sejahtera group. By using a simple linear regression method, the research results show that Digital Marketing has a positive and significant effect on marketing gurami cultivation with a variable contribution of 0.415.
Keywords : digital marketing, gurami cultivation, social media
ABSTRAK
Perkembangan era digital yang sedang terjadi saat ini memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat. Salah satu kemudahan yang didapat adalah pemasaran produk menggunakan teknologi digital atau yang sering dikenal dengan istilah digital marketing. Penelitian ini dilakukan pada sebuah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Di mana UMKM diangkat adalah pembudidaya ikan gurami pada kelompok Mina Sejahtera di Desa Pengeragoan, Kabupaten Jembrana. Dalam pemasaran, pembudidaya ikan gurami telah menggunakan social media dalam memasarkan produknya. Social media sendiri adalah salah satu media dalam digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digital marketing terhadap pemasaran budidaya ikan gurami Mina Sejahtera di desa Pengeragoan, Kabupaten Jembrana. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 50 anggota kelompok Mina Sejahtera. Dengan menggunakan metode regresi linier sederhana didapatkan hasil penelitian adalah Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemasaran budidaya ikan gurami dengan kontribusi variabel sebesar 0.415.
Kata Kunci : digital marketing, budidaya ikan gurami, social media

Article Details

How to Cite
Kurniawan, I. B., & Puniawan, I. M. E. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PEMASARAN BUDIDAYA IKAN GURAMI MINA SEJAHTERA DI DESA PENGERAGOAN, KABUPATEN JEMBRANA. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 15(1). https://doi.org/10.36002/jep.v15i1.1070
Section
Articles