PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BUTLER SERVICE DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL STREGIS BALI RESORT DI NUSA DUA, BALI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Butler Service dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel St. Regis Bali. Dengan populasi sebanyak 65 tamu, menggunakan perhitungan dengan metode populasi. Metode-metode yang digunakan untuk mengukur tingkat signifikansi secara parsial antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan tersebut menggunakan teknik analisis regresi, korelasi parsial, korelasi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, F - Test, dan T - Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan
pada Hotel St. Regis Bali. Dari penelitian ini juga diperoleh hasil dari perhitungan koefisien korelasi bahwa terdapat korelasi positif antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan, maupun antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel R Square dari penelitian ini sebesar 0,776, dan berdasarkan analisis determinasi menunjukan bahwa 60,3% variasi loyalitas pelanggan dijelaskan oleh variasi dalam variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan ini, sisanya sebesar 39,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Dari penelitian ini analisis-analisis yang digunakan untuk menghitung ketiga variabel kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan serta perlu diperhatikan agar menghindari kemungkinan terjadinya penurunan yang tidak diharapkan.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Butler Service.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Assauri, Sofyan. 2003. Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian CustomerSatisfaction. Rajawali Pers Basu, S. 1999, “Loyalitas Pelanggan, Sebuah Kajian Konseptual. Sebagai Panduan bagi Peneliti”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.
Fornell. 1992. A National Customer Satisfaction Barometer: The SwedishExperience,
Journal of Marketing
Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan.
Jakarta, Airlangga
Kassem. 2014. Georgian Butler Academy .
www.yesays.com/georgian-butler-academy.14 April 2014
Kotler, P. and K.L. Keller 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas.Jakarta :
PT. Indeks
Lovelock, C. H and Wright, J. 2007. Service Marketing : People, Technology, Strategy. Sixth Edition. USA: Pearson Pretience Hall, Pearson Education
International
Parasuraman, A., Zeithmal, V.A. and Berry, L.L. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item
Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of
Retailing. Vol.64 No.1, page 14-40
Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. PT. Gramedia
Pustaka, Jakarta
Tjiptono, F. dan Chandra, G. 2007. Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta :
Penerbit ANDI
Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Zein, M. 1995.the Importance of Experience in Moulding Customer Loyality,
Behavior, Malaysia: Letela No. 84