PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BUTLER SERVICE DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL STREGIS BALI RESORT DI NUSA DUA, BALI

Main Article Content

Steven Yohanes Kurniawan
Gede Agus Mertayasa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Butler Service dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel St. Regis Bali. Dengan populasi sebanyak 65 tamu, menggunakan perhitungan dengan metode populasi. Metode-metode yang digunakan untuk mengukur tingkat signifikansi secara parsial antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan tersebut menggunakan teknik analisis regresi, korelasi parsial, korelasi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, F - Test, dan T - Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan

pada Hotel St. Regis Bali. Dari penelitian ini juga diperoleh hasil dari perhitungan koefisien korelasi  bahwa terdapat  korelasi  positif antara  kualitas pelayanan  dan loyalitas pelanggan, maupun antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel  R  Square dari  penelitian  ini  sebesar  0,776,  dan  berdasarkan  analisis determinasi menunjukan bahwa 60,3% variasi loyalitas pelanggan dijelaskan oleh variasi dalam variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan ini, sisanya sebesar 39,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Dari penelitian ini analisis-analisis yang digunakan untuk menghitung ketiga variabel kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan serta perlu diperhatikan agar menghindari kemungkinan terjadinya penurunan yang tidak diharapkan.

 Kata kunci:  Kualitas  Pelayanan,  Kepuasan  Pelanggan,  Loyalitas  Pelanggan,  Butler Service.

 

Article Details

How to Cite
Kurniawan, S. Y., & Mertayasa, G. A. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BUTLER SERVICE DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL STREGIS BALI RESORT DI NUSA DUA, BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 10(1), 63–70. https://doi.org/10.36002/jep.v10i1.14
Section
Articles

References

Assauri, Sofyan. 2003. Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian CustomerSatisfaction. Rajawali Pers Basu, S. 1999, “Loyalitas Pelanggan, Sebuah Kajian Konseptual. Sebagai Panduan bagi Peneliti”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Fornell. 1992. A National Customer Satisfaction Barometer: The SwedishExperience,

Journal of Marketing

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan.

Jakarta, Airlangga

Kassem. 2014. Georgian Butler Academy .

www.yesays.com/georgian-butler-academy.14 April 2014

Kotler, P. and K.L. Keller 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas.Jakarta :

PT. Indeks

Lovelock, C. H and Wright, J. 2007. Service Marketing : People, Technology, Strategy. Sixth Edition. USA: Pearson Pretience Hall, Pearson Education

International

Parasuraman, A., Zeithmal, V.A. and Berry, L.L. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item

Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of

Retailing. Vol.64 No.1, page 14-40

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. PT. Gramedia

Pustaka, Jakarta

Tjiptono, F. dan Chandra, G. 2007. Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta :

Penerbit ANDI

Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Zein, M. 1995.the Importance of Experience in Moulding Customer Loyality,

Behavior, Malaysia: Letela No. 84