PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DALAM KARAKTERISTIK INDIVIDUAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI THE AKMANI LEGIAN HOTEL
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Pengembangan karir dan karakteristik individu merupakan hal yang sangat penting dalam dunia kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dari latar belakang serta pokok
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora Universitas Dhyana Pura
2015
permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang adanya pengaruh pengembangan karir dan karakteristik individual terhadap kepuasan kerja karyawan di The Akmani Legian Hotel.Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 75 orang untuk menjawab kuesioner yang disebarkan. Jumlah skor pada jumlah kuesioner selanjutnya di analisis dengan menggunakan alat analisis uji validitas, uji realibilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, t-tes, F-tes.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara pengembangan karir tehadap kepuasan kerja karyawan, dengan dan nilai t-hitung 11,657 > t-tabel 1,671. Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara karakteristik individual terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan nilai t-hitung 5,042 > t-tabel 1671. Adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara pengembangan karir dan karakteristikindividual terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan nilai F-hitung = 72,355 > F-tabel = 3,98.Dari hasil kesimpulan, dapat disarankan bagi manajemen The Akmani Legian Hotel perlu lebih sering memberikan program pendidikan dan pelatihanbagi karyawan untuk lebih meningkatkan karakteristik individu setiap karyawansehingga karir masing-masing karyawan dapat dikembangkan.
Kata kunci : Pengembangan Karir, Karakteristik Individual, Kepuasan Kerja.Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aref Subyantoro, 2009, Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan,
Karakteristik Organisasi dan Kepuasan Ynag dimediasi Oleh Motivasi
Kerja, Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.1, halaman 11-19.
Hurriyanti, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, cetakan
pertama, Penerbit: Alfabeta, Bandung..
Rivai, Veithzal, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Muria Kencana, Jakarta.
Robbins, P.Stepen, Timotty A. Jyudge, 2002, Prilaku Organisasi
(Organizational Behavior), Edisi 12, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta:
Salemba Empat.
Simamora, Henry, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 2, STIE
YKPN, Yogyakarta.
Utama, Rai & Mahadewi, 2012, Metodelogi Penelitian Pariwisata dan
Perhotelan, Yogyakarta: CV. Andi Offest.