PERAN MEDIASI KEPUASAN PADA HUBUNGAN CITRA DAN KEPERCAYAAN DENGAN LOYALITAS PRODUK KOSMETIK LT-PRO LATULIPE

Main Article Content

I Gusti Agung Ayu Elvina Mayasari
I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini

Abstract

ABSTRACT
This reserach aimed to test the role of satisfactio madiation on the relationship image and trust
brand on the loyalty of Latulipe Lt-pro cosmetic products. This study also tasted and evaluated whether
variabels of mark image, trust brand, and satisfaction gave effect on consumers loyality.
The respondents of this research were the cosmetics consumers which were a total of 75 persons
who happened to have bought and used Latulipe Lt-pro Cosmetics. The samples were taken using random
sampling technique. The data of which were collected through questionnairres and analised using technique
of PLS analysis.
The result of the study showed that mark image did not give any effect toward satisfaction and
loyalties, however, trust brand gave positive effect towards loyalties. Trust brand did not give any effect
towards loyalties, meanwhile, satisfaction gave positive effect towards loyalties.
As whole it could be stated that satisfaction gave positive affect towards loyalties. The higher
the customers satisfaction is, the higher the customers loyalty becomes.
Keywords : mark image, trust brand, satisfaction, and loyalties
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi kepuasan pada hubungan citra dan kepercayaan dengan
loyalitas pada kosmetik Lt-pro Latulipe. Permasalahannya adalah apakah variabel-variabel citra merek,
kepercayaan, dan kepuasan dapat mempengaruhi loyalitas dari konsumen.
Responden penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang ke Toko Kosmetik LC yang pernah
membeli dan menggunakan kosmetik Lt-pro Latulipe berjumlah 75 orang. Sampel menggunakan metode
Random Sampling yaitu penentuan sampel dengan cara memilih responden secara acak. Data dikumpulkan
dengan menggunakan kuesioner, selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas,
kepercayaan berpengaruh postif terhadap kepuasan, kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas,
dan kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas.
Secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas. Semakin
tinggi tingkat kepuasan konsumen, maka loyalitas akan semakin meningkat.
Kata kunci : citra merek, kepercayaan (trust brand), kepuasan, dan loyalitas

Article Details

How to Cite
Elvina Mayasari, I. G. A. A., & Sinta Diarini, I. G. A. A. (2017). PERAN MEDIASI KEPUASAN PADA HUBUNGAN CITRA DAN KEPERCAYAAN DENGAN LOYALITAS PRODUK KOSMETIK LT-PRO LATULIPE. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 12(1). https://doi.org/10.36002/jep.v12i1.164
Section
Articles