CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PEMODERASI PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

Ni Made Adi Erawati
I Gusti Ayu Nyoman Budiasih
I Ketut Suryanawa

Abstract

ABSTRACT
High enterprise value is the goal to be achieved by the company. There are several factors that
can affect the value of the company, one through the increase of Good Corporate Governance (GCG). Due
to previous research obtained inconsistent results, then was appointed the variable Corporate Social
Responsibility (CSR) as a moderating variable that allegedly able to strengthen or weaken the influence of
corporate governance on firm value. This study aims to prove the ability to moderate the influence of CSR
GCG proxied by managerial ownership, institutional ownership, the proportion of board of directors and
audit committee on the value of the company.
Data collection method used is purposive sampling in a mining company in Indonesia Stock Exchange
in 2011 - 2014. The moderation regression used for this analysis. The results show that institutional
ownership and audit committee have negative effect on the value of the company, while managerial
ownership and the proportion of independent board has no effect on the value of the company. In addition
revelations of corporate social responsibility is not able to moderate the effect of good corporate
governance in the company's value.
Keywords: Good Corporate Governance. Corporate Social Responsibility, the value of the company
ABSTRAK
Nilai perusahaan yang tinggi merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan. Terdapat
beberapa faktor yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, salah satunya melalui peningkatan Good
Corporate Governance (GCG). Disebabkan karena riset-riset sebelumnya memperoleh hasil yang tidak
konsisten, maka diangkatlah variabel Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi yang
diduga mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh GCG pada nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan kemampuan CSR dalam memoderasi pengaruh GCG yang diproksikan dengan kepemilikan
manajerial, kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris, dan komite audit pada nilai perusahaan.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling pada perusahaan pertambangan
di Bursa Efek Indonesia tahun 2011 - 2014. Regresi moderasi digunakan untuk analisis penelitian ini. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh negatif pada nilai
perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial dan proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh
pada nilai perusahaan. Selain itu pegungkapan corporate social responsibility tidak mampu memoderasi
pengaruh good corporate governance pada nilai perusahaan.
Kata Kunci: Good Corporate Governance. Corporate Social Responsibility, nilai perusahaan

Article Details

How to Cite
Erawati, N. M. A., Nyoman Budiasih, I. G. A., & Suryanawa, I. K. (2017). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PEMODERASI PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 12(1). https://doi.org/10.36002/jep.v12i1.166
Section
Articles