PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT DONOR DARAH: STUDI PADA UNIT DONOR DARAH PMI KABUPATEN BANGLI PROVINSI BALI

Main Article Content

Luh Erynayati
Made Ayu Desy Geriadi
Made Mulia Handayani
Desak Nyoman Nopiyanti

Abstract

ABSTRACT
The lack of public interest in blood donation is one of the main causes for not fulfilling the amount of blood needed by PMI as a Blood Donor Unit. The success of achieving these goals is determined by various factors that influence blood donation interest, including service quality and promotion. Similarly, the quality of service and promotion is one of the factors that can influence blood donor interest in the Bangli Regency PMI Blood Donor Unit. Purposive sampling technique was used in this study with the respondents being donors with criteria aged between 17 to 60 years and had never donated blood before, totaling 96 respondents. Multiple linear regression analysis, determination analysis, hypothesis testing using simultaneous test (F-test) and partial test (t-test) are the analytical techniques used. The results of the study show that service quality has a positive and significant effect on people's interest in donating blood. Promotion has a positive and significant effect on people's interest in donating blood. Both the quality of service and promotion both have a positive and significant influence on blood donation interest in the Blood Donor Unit PMI Bangli Regency.
Keywords: Quality of Service, Promotion and Interest in Blood Donation
ABSTRAK
Kurangnya minat donor darah masyarakat menjadi dasar tidak terpenuhinya jumlah darah yang dibutuhkan PMI sebagai suatu Unit Donor Darah. Keberhasilan mencapai tujuan tersebut ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi minat donor darah antara lain kualitas pelayanan dan promosi. Begitu juga pada Unit Donor Darah PMI Kabupaten Bangli, kualitas pelayanan dan promosi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat donor darah. Teknik purposive sampling digunakan pada penelitian ini dengan responden adalah pendonor dengan kriteria berusia antara 17 sampai dengan 60 tahun dan sudah pernah melakukan donor darah sebelumnya, berjumlah 96 orang responden. Analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji hipotesis yang menggunakan uji simultan (F-test) maupun uji parsial (t-test) merupakan teknik analisis yang digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat orang mendonorkan darah. Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat orang mendonorkan darah. Baik kualitas pelayanan dan promosi keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat donor darah di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Bangli.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat Donor Darah

Article Details

How to Cite
Erynayati, L., Geriadi, M. A. D., Handayani, M. M., & Nopiyanti, D. N. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT DONOR DARAH: STUDI PADA UNIT DONOR DARAH PMI KABUPATEN BANGLI PROVINSI BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 17(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1735
Section
Articles