PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JANAR VAPE BATUBULAN

Main Article Content

I Putu Agus Suwastawa
Anak Agung Istri Tiki Lindia

Abstract

ABSTRACT
This study aims to investigate the influence of service quality and promotion on consumer satisfaction on Janar Vape Batubulan. The approach used is a quantitative approach. The population in this study were all consumers who were not identified in the Janar Vape Batubulan. Samples were taken using a purposive using a purposive sampling method in order to obtain 96 respondents as the sample. Data were analyzed using classical assumption test, multiple linear regression analysis, determination coefficients of t-test (partial) and F-test (simultaneous) with the help of SPSS 23.00 software (Statistical Product and Service Solutions). Based on the results of the study it can be concluded that partially Service Quality has a positive and significant effect on Customers Satisfaction, Promotion has a positive and significant effect on Customer Satisfaction and simultaneous service quality and Promotion have a significant effect on Customer Satisfaction on Janar Vape Batubulan.
Keywords : Service Quality, Promotion, Customer Satisfaction
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah menelaah Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Janar Vape Batubulan. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja, tidak teridentifikasi di Janar Vape Batubulan. Sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga didapatkan 96 responden sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunakan Uji asumsi klasik, Uji analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, Uji t (Parsial) dan Uji F (Simultan) dengan aplikasi SPSS 23 (Statistical Product and Service Solutions). Berdasarkan hasil riset dapat disimpulkan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasaan Konsumen dan secara simultan Kualitas Pelayanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Janar Vape Batubulan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Konsumen

Article Details

How to Cite
Suwastawa, I. P. A., & Tiki Lindia, A. A. I. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JANAR VAPE BATUBULAN. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 17(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1737
Section
Articles