FAKTOR PENENTU KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI

Main Article Content

Ni Kadek Nanda Suherliana
Komalawati .
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

ABSTRACT
Holiday Inn Resort Baruna Bali is an accommodation designed to be the hotel of choice for guests who want to have a relaxing time with quality service and a friendly environment. This study aims to determine the factors that specify employee job satisfaction at the Holiday Inn Resort Baruna Bali. This type of research uses qualitative and quantitative data, using data sources namely primary data and secondary data. The sampling method used in this study is Proportionate Stratified Random Sampling with 85 respondents. The analytical tools used are the are the Validity Test and Reliability Test, quantitative descriptive analysis, factor analysis and data processed using SPSS. The results obtained after analysis using a factor analysis of 17 variables that determine employee job satisfaction at the Holiday Inn Resort Baruna Bali into three factors: opportunity to advance factor with an Eigenvalue of 10,145, indirect compensation factor with an Eigenvalue of 1,727, and integrity with Eigenvalue of 1,031. This study indicates that the most dominant factor determining employee job satisfaction at Holiday Inn Resort Baruna Bali is the opportunity to advance a factor that has the highest value of the overall Eigenvalue 10,145.
Keyword: Employee, Job Satisfaction, Human Resources
ABSTRAK
Holiday Inn Resort Baruna Bali adalah sebuah akomodasi yang dirancang untuk menjadi hotel pilihan bagi tamu-tamu yang ingin mendapatkan waktu bersantai dengan kualitas pelayanan dan lingkungan yang ramah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor penentu kepuasan kerja karyawan pada Holiday Inn Resort Baruna Bali. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling dengan responden sebanyak 85 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis uji validitas dan uji reliabilitas, analisis deskriptif kuantitatif, analisis faktor dan data diolah menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh setelah dianalisis menggunakan analisis faktor dari 17 variabel yang menentukan kepuasan kerja karyawan pada Holiday Inn Resort Baruna Bali menjadi tiga faktor yaitu: faktor kesempatan untuk maju yang memiliki Eigenvalue sebesar 10,145, faktor kompensasi tidak langsung dengan Eigenvalue sebesar 1,727, dan faktor kejujuran dengan nilai Eigenvalue 1,031. Penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang paling dominan menentukan kepuasan kerja karyawan pada Holiday Inn Resort Baruna Bali adalah faktor kesempatan untuk maju yang memiliki nilai tertinggi dari keseluruhan nilai Eigenvalue yakni sebesar 10,145.
Kata Kunci: Karyawan, Kepuasan Kerja, Sumber Daya Manusia

Article Details

How to Cite
Suherliana, N. K. N., ., K., & Krismawintari, N. P. D. (2022). FAKTOR PENENTU KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 17(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1741
Section
Articles