PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI TATA RIAS DI KOTA DENPASAR (STUDI KASUS PADA DIAH WEDDING & MAKEUP DENPASAR)

Main Article Content

I Gusti Putu Agung Widya Goca
I Gusti Agung Ayu Putu Diah Erika Pramana

Abstract

ABSTRACT
With the immense business opportunities in Indonesia, many new businesses have emerged with modern concepts, which are more attractive, easy to reach, and more popular. This condition causes business competition in various fields in Indonesia to be higher. To overcome this high competition, entrepreneurs are required to have market orientation, entrepreneurial orientation and entrepreneurial competencies. The formulation of the problem and the purpose of this study is to determine the effect of market orientation, entrepreneurial competence orientation and location on competitive advantage. The location of this research is Diah Wedding & Makeup, the sample used is 74 respondents. The data analysis techniques used are Validity Test, Reliability, Classical Assumptions, Multiple Linear Regression, Coefficient of Determination, t-test and F-test. Based on the results of the study, it can be seen that: (1) market orientation has a significant positive effect on competitive advantage; (2) entrepreneurial competence orientation has a significant positive effect on competitive advantage; (3) location has a significant positive effect on competitive advantage; and (4) Simultaneously market orientation, entrepreneurial competence orientation and location have a significant effect on competitive advantage. The advice in this research is that Diah Wedding & Makeup is expected to increase their knowledge, always try to experiment with new products, apply different and more attractive marketing strategies than competitors and provide prices that are in accordance with the quality of the makeup offered.
Keywords: Market Orientation, Entrepreneurship Orientation, Entrepreneurial Competence, Competitive Advantage.
ABSTRAK
Tingginya peluang usaha di Indonesia, banyak bermunculan usaha baru yang memiliki konsep lebih modern, lebih menarik, mudah dijangkau dan lebih digemari. Kondisi inilah yang menyebabkan persaingan bisnis di berbagai bidang di Indonesia semakin tinggi. Untuk mengatasi persaingan yang tinggi inilah maka pengusaha dituntut untuk memiliki orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan kompetensi kompetensi wirausaha. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kompetensi wirausaha dan lokasi terhadap keunggulan bersaing. Lokasi penelitian ini di Diah Wedding & Makeup, sampel yang digunakan sebanyak 74 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa : (1) orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing; (2) orientasi kompetensi wirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing; (3) lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing; dan (4) secara simultan orientasi pasar, orientasi kompetensi wirausaha dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Saran dalam penelitian ini adalah Diah Wedding & Makeup diharapkan menambah pengetahuan yang dimiliki, selalu mencoba bereksperimen dengan produk baru,
menerapkan strategi pemasaran yang beda dan lebih menarik dari pesaing dan memberikan
harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.
Kata kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kompetensi Wirausaha, Keunggulan
Bersaing.

Article Details

How to Cite
Widya Goca, I. G. P. A., & Erika Pramana, I. G. A. A. P. D. (2022). PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI TATA RIAS DI KOTA DENPASAR (STUDI KASUS PADA DIAH WEDDING & MAKEUP DENPASAR). Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 17(1). https://doi.org/10.36002/jep.v17i1.1760
Section
Articles