FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN MENGINAP DI KARMA ROYAL RESORT CANDIDASA, KARANGASEM-BALI

Main Article Content

Ni Kadek Desi Widiantari
Christimulia Purnama Trimurti

Abstract

ABSTRACT

This research was done at Karma Royal Resort Candidasa, Karangasem-Bali this research
was done to find out the factors which attract the guest to stay at Karma Royal Resort
Candidasa, Karangasem-Bali. The background of problem is that every tourist gave different
opinion wich influence them to stay at Karma Royal Resort Candidasa, Karangasem-Bali which
cause the need of making different variables into factors. The used sampling method is
Accidental Sampling with 105 respondent. The analyzed technic used was factor analyza tion and
was calculated by software spss version 17 for windows. The result of calculation shows out of
21 variables which organized into 5 factors which is 1). Price factor, 2). Physical Evidence
factor, 3).Promotion and Service factor, 4).Product factor,  5). Location and People factor. The
most dominant factor influence the guest to stay at Karma Royal Resort Candidasa, Karangasem-
Bali is Price factor, which could be seen from the eigen value at 9,234 which is the highest point
from the  overall  eigen value. Based on the research result, the writer want to give suggestion
to the management of the Karma Royal Resort Candidasa for giving more attention to the 5
factor on the post above by considering the  price factor and improve hygiene, conduct
education and training, improve a variant menu, giving the appearance and clothing that support
performance, in order tourist visit for stay in  Karma Royal Resort can be optimized.  
Key words : Guest and Marketing

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Karma Royal Resort Candidasa, Karangasem-Bali penelitian ini
dilakukan dengan maksud untuk mengetahui faktor-faktor yang menarik wisatawan menginap di
Karma Royal Resort Candidasa, Karangasem-Bali. Permasalahan yang terjadi adalah setiap
wisatawan memberi pendapat yang berbeda yang melatarbelakangi wisatawan menginap di Karma
Royal Resort. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling dengan
jumlah responden sebanyak 105 orang. Analisis yang digunakan adalah analisisi faktor dan data
diolah degan menggunakan software spss versi 17 for windows. Hasil pengolahan data
menunjukkan 21 variabel setelah dilakukan proses factoring menjadi 5 faktor yang
dikelompokkan menjadi 5 faktor yaitu 1). Faktor harga, 2). Faktor physical evidence, 3).Faktor
promosi dan pelayanan, 4).Faktor produk dan 5). Faktor lokasi dan karyawan.  Faktor yang dominan
menarik wisatawan untuk menginap di Karma Royal Resort Candidasa, Karangasem-Bali adalah
faktor harga. Hal ini dapat dilihat dari nilai eigen value sebesar 9,234 yang merupakan nilai
tertinggi dari keseluruhan total eigen value. Dari hasil penelitian, penulis ingin memberikan saran
kepada pihak manajemen Karma Royal Resort Candidasa agar memperhatikan faktor diatas
dengan cara: mempertimbangkan faktor harga dan meningkatkan kebersihan, melakukan
pendidikan dan pelatihan, memberi variasi menu, pemberian pakaian yang menunjang penampilan
karyawan, agar kunjungan wisatawan yang menginap bisa lebih dioptimalkan di Karma Royal Resort
Candidasa, Karangasem-Bali.
Kata Kunci : Tamu dan Pemasaran.

Article Details

How to Cite
Widiantari, N. K. D., & Trimurti, C. P. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN MENGINAP DI KARMA ROYAL RESORT CANDIDASA, KARANGASEM-BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 12(2). https://doi.org/10.36002/jep.v12i2.248
Section
Articles