FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE WATERCRESS CAFE BATU BELIG

Main Article Content

I Made Andika Putra
I Wayan Ruspendi Junaedi
I Gede Agus Mertayasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang membuat wisatawan memutuskan untuk pergi ke Watercress Cafe Batu Belig. Sebanyak 105 sampel digunakan dengan metode "chance sampling". Menggunakan lembar kerja untuk mengumpulkan informasi, 7P pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) menjadi fokus penelitian. Konsep 7P ini menghasilkan 21 indikator. Metode analisis data yang menggunakan analisis faktor dengan menggunakan metode Analisis Komponen Utama (PCA), hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor dan 21 variabel yang dipertimbangkan oleh tamu Watercress Cafe Batu Belig yang dapat menjelaskan semua perbedaan dalam data, yaitu sebesar 77,106%. Nama dari tiga faktor berasal dari bagian-bagian yang berbeda. Wisatawan yang pergi ke Watercress Cafe Batu Belig mempertimbangkan tata letak kafe, kemampuannya dalam membantu menyusui, dan penggunaan media promosi. Ketika orang mengunjungi Watercress Cafe Batu Belig, atmosfer menjadi hal paling penting yang mereka pertimbangkan karena memiliki eigenvalue tertinggi.

Article Details

How to Cite
Putra, I. M. A., Junaedi, I. W. R., & Mertayasa, I. G. A. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE WATERCRESS CAFE BATU BELIG. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 19(1), 33–36. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/3131
Section
Articles

References

Aliami, S. 2022. Internal and External Factors of Consumer Behaviour: Phenomenon in Buying Decisions at the Keboen Rodjo Restaurant, Kediri. Efektor, 9(1), 35-47.

Pebriawan, I. K. A., & Wartana, I. M. H. 2023. Faktor–Faktor Yang Dipertimbangkan Wisatawan Untuk Mengunjungi Kayumanis Seaside Restoran And Bistro Sanur-Bali. Journal Research of Management, 4(2), 132-143.

Pratiwi, D., Lumbanraja, M. M. M., & Junaidi, R. 2023. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Restoran Tradisional Pekanbaru. Journal of Business and Economics Research (JBE), 4(2), 194-206.

Putra, Y. F. P. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Warkop 89 Mamuju. Movere Journal, 2(1), 124-139.

Ratu, Cristina Dkk. 2016. Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 4 No. 1.

Situmorang, J. M. H., Novania, R., & Natalia, C. 2021. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Di Restoran Wilayah Kelapa Gading. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(1), 26-37.

Yulita, Henilia. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata terhadap Keputusan untuk Berkunjung. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, Vol. 2 No. 2 November.