PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA USAHA PADA UD. UDIANA DS. CELUK, GIANYAR BALI

Main Article Content

G. Oka Warmana
I Wayan Widnyana

Abstract

ABSTRACT
This paper examines the effect of social capital on firm performance. Social capital mphasizes the importance of social networks, personal relationships based on trust, collaboration and collective action for community survival. The individual-level social capital embedded in the entrepreneur's private network can affect the performanceof SMEs. Craft enterprises need to maintain a sufficient level of profitability to support survival and reinvestment. Social capital is measured from three dimensions of structural, relational and cognitive. Performance is measured by growth in sales volume, profits, and assets. Test results show that social capital has a positive impact on financial performanceof UD. Udiana Desa Celuk, Gianyar.
Keywords: Social capital, financial performance, craft business
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh modal sosial terhadap kinerja perusahaan. Modal sosial menekankan pentingnya jaringan sosial, hubungan personal berbasis kepercayaan, kerjasama dan tindakan kolektif untuk kelangsungan hidup komunitas. Modal sosial tingkat individu yang tertanam dalam jaringan pribadi pengusaha dapat mempengaruhi kinerja UMKM. Usaha kerajinan perlu menjaga tingkat profitabilitas yang cukup untuk menunjang kelangsungan hidup dan melakukan reinvestasi. Modal sosial diukur dari tiga dimensi yaitu Struktural,Relasional dan Kognitif. Kinerja diukur dari pertumbuhan volume penjualan, keuntungan, dan aset. Hasil pengujian menunjukkan bahwa modal sosial berdampak positif terhadap kinerja keuangan UD. Udiana Desa Celuk, Gianyar.
Kata kunci : Modal sosial, kinerja keuangan, usaha kerajinan

Article Details

How to Cite
Warmana, G. O., & Widnyana, I. W. (2018). PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA USAHA PADA UD. UDIANA DS. CELUK, GIANYAR BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1). https://doi.org/10.36002/jep.v13i1.339
Section
Articles