PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SHARY SHARY RESTORAN & BAR CANGGU

Main Article Content

Ni Putu Nia Dwipayanthi
R. Tri Priyono Budi Santoso
IWK. Teja Sukmana

Abstract

Kepuasan kerja karyawan merupakan hasil kualitas dan kuantitas yang diperoleh oleh karyawan selama bekerja. Dinilai dari gaya kepemimpinan dari suatu perusahaan yang mengarahkan setiap karyawan agar pekerjaan karyawan lebih terarah, memberikan kompensasi terhadap karyawan dan meningkatkan kompentensi yang dimiliki karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, kompensasi, dan kompetensi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di Shary Shary Restorant & Bar Canggu dan sampel sebanyak 32 Karyawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) gaya kepemimpinan, kompensasi dan kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, dimana diperoleh nilai t-hitung 2,490, 3,286 dan 2,812 nilai koefisien regresi 0.321, 0.337 dan 0.513 serta signifikansi 0.019, 0.003 dan 0.009. (2) secara simultan gaya kepemimpinan, kompensasi dan kompensasi berpengaruh signfikan terhadap kepuasan kerja, dimana diperoleh nilai f-hitung 39,423, persamaan regresi sebesar Y = 0,868 + 0,321X1 + 0,337X2 + 0,513X3 dan signifikansi 0,000. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah memberikan pekerjaan yang sesuai kemampuan karyawan, memberikan kompensasi yang sesuai dengan harapan karyawan, membuat kebijakan gaji yang sesuai dengan kontribusi karyawan terhadap perusahaan, secara berkala memberikan pelatihan kepada karyawan. Selain itu, pemimpin Shary Shary Restoran & Bar Canggu diharapkan selalu mendengarkan pendapat dari bawahan dalam mengambil keputusan.

Article Details

How to Cite
Dwipayanthi, N. P. N., Santoso, R. T. P. B., & Sukmana, I. T. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SHARY SHARY RESTORAN & BAR CANGGU. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 18(1), 19–28. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/3411
Section
Articles

References

Feriyanto, A. dan Triana, E. S, 2015, Pengantar Manajemen (3 in 1), Kebumen, Mediatera.

Napitupulu, H. S., Sakti, A.R.T., dan Sofiati, N.A, 2021, ‘Analisis Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Motivasi Karyawan dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Kerja’, Jurnal Indonesia Membangun, vol. 20, no. 3.

Puspitawati, N. M. D., dan Atmaja, N. P. C. D, 2020, ‘Pengaruh Kompensasi Terhadap Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan’, Jurnal Bakti Saraswati, vol. 9, no. 2.

Prayatna, A. H. dan Subudi, M, 2016, ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Fave Hotel Seminyak’, E-Jurnal Manajemen Unud, vol. 5, no. 2, pp. 845-872.

Sinurat, E. J, 2017, ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Himawan Putra Medan’. Jurnal Ilmiah Methonomi, vol. 3, no. 2.