PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE DI SITUS TRAVELOKA.COM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN HUMANIORA UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI
Article Sidebar
Published:
Apr 5, 2018
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 2661
Download : 636
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT This research aims to determine the influence of price, promotion and service quality toward purchase decision online airline tickets at Traveloka.com.The population in this research was the active student ofManagement Majors, Economics and Humanities Faculty Dhyana Pura Bali University,2016/2017. Samples taken from 89 students by using Non-Probability Sampling method with purposive sampling approach. Data process analysed by using SPSS 21.0 for windows with using partial correlation analysis, multiple correlation analysis, determination analysis, multiple linear regression analysis, T test and F test.The result of this research shows that there are partial and silmultaneous influence between price, promotion, and service quality to purchase decision with the regression equation Y = 3,316 + 0,916X1 + 0,304X2 + 0,259X3, that means regression coefficient of price has positive influence with value 0,916, regression coefficient of promotion has positive influence with value 0,304, regression coefficient of service quality has positive influence with value 0,259and purchase decision coefficient is 3.316. The value of R Square is 0,754, that means contribution of price, promotion and service quality variables toward purchase decision is 75,4% while the rest 24,6% influenced by other variables that were not examined in this research.Based on T test, price, promotion and service quality had positive and significant influence toward purchase decision online airline tickets at Traveloka.com. Based on F test, price, promotion and service quality had positive and significant influence simultaneously toward purchase decision online airline tickets at Traveloka.com. Keywords: price, promotion, service quality, purchase decision
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat secara online di situs Traveloka.com.Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Program StudiManajemen, Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Universitas Dhyana Pura Bali tahun akademik 2016/2017. Sampel yang diambil sebanyak 89 mahasiswa menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling. Proses analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS 21.0 for windows. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, analisis regresi linear berganda, uji T dan uji F.Hasil dari penelitian menunjukkan ada pengaruh secara parsial dan silmultan antara harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 3,316 + 0,916X1 + 0,304X2+ 0,259X3 yang artinya koefisien regresi harga bernilai positif sebesar 0,916, koefisien regresi promosi bernilai positif sebesar 0,304, koefisien regresi kualitas layanan bernilai positif sebesar 0,259 dan koefisien keputusan pembelian sebesar 3,316. Nilai R Square adalah 0,754 yang artinya kontribusi variabel harga, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sebesar 75,4% sedang sisanya sebesar 24,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan uji T harga, promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian tiket pesawat
secara online di situs Traveloka.com. Berdasarkan uji F harga, promosi dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat secara online di situs Traveloka.com.
Kata Kunci: harga, promosi, kualitas layanan, keputusan pembelian
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat secara online di situs Traveloka.com.Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Program StudiManajemen, Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Universitas Dhyana Pura Bali tahun akademik 2016/2017. Sampel yang diambil sebanyak 89 mahasiswa menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling. Proses analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS 21.0 for windows. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, analisis regresi linear berganda, uji T dan uji F.Hasil dari penelitian menunjukkan ada pengaruh secara parsial dan silmultan antara harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 3,316 + 0,916X1 + 0,304X2+ 0,259X3 yang artinya koefisien regresi harga bernilai positif sebesar 0,916, koefisien regresi promosi bernilai positif sebesar 0,304, koefisien regresi kualitas layanan bernilai positif sebesar 0,259 dan koefisien keputusan pembelian sebesar 3,316. Nilai R Square adalah 0,754 yang artinya kontribusi variabel harga, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sebesar 75,4% sedang sisanya sebesar 24,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan uji T harga, promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian tiket pesawat
secara online di situs Traveloka.com. Berdasarkan uji F harga, promosi dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat secara online di situs Traveloka.com.
Kata Kunci: harga, promosi, kualitas layanan, keputusan pembelian
Article Details
How to Cite
Mal, L. H., & Mertayasa, I. G. A. (2018). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE DI SITUS TRAVELOKA.COM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN HUMANIORA UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1). https://doi.org/10.36002/jep.v13i1.343
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.