STRATEGI PENGEMBANGAN PANTAI KEDUNGU SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KEKINIAN DI KABUPATEN TABANAN

Main Article Content

Evy Fitri Nur Laili
I Gusti Bagus Rai Utama
Putu Chris Susanto

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan dalam engelolaan daya tarik wisata (Studi kasus  : Pantai Kedungu, Desa Belalang, Kediri, Tabanan) penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan melibatkan 4 orang informan dan 26 responden kemudian mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesiner. Terdapat dua jenis kuesioner yaitu pembobotan untuk informan dan penilaian untuk responden. Terdapat 13 indikator internal sembilan diantaranya menjadi faktor kekuatan dan empat diantaranya menjadi faktor kelemahan. Sedangkan lima indikator eksternal tiga diantaranya menjadi peluang dan dua diantaranya menjadi ancaman. Melalui analisis matriks IFAS dan EFAS mendapat hasil perhitungan IFAS sebesar 3,14 dan EFAS 2,51, yang berarti Pantai Kedungu berada pada kuadran IV yaitu posisi stabilitas. Sehingga mendapat Strategi SO yaitu banyaknya wisatawan yang bermain selancar penduduk   adat Kedung bisa membuka tempat penyewaan papan selancar untuk pengunjung, kemudian dengan adanya fasilitas tempat makan yang memadai seperti warung kacil, memberikan lapangan pekerjaan bagi penduduk adat Kedungu. Strategi ST dengan mempertahankan dan mengembangkan fasilitas yang sudah ada seperti area parkir yang luas, fasilitas tempat makan, toilet yang memadai. Strategi WO meminimalkan ancaman dengan peluang yang ada, kurang terawatnya air terjun dapat menjadi peluang untuk pengelola bekerja sama dengan peduduk adat Kedungu untuk merawat air memberikan fasilitas tempat sampah di area pantai, pengelola dapat mengajukan hibah untuk pembangunan pusat informasi dan menjadi pusat bagi penduduk yang menjadi guide lokal. Strategi WT kerja  sama antar pengelola dan penduduk adat Kedungu untuk menjaga dan mengembangkan fasilitas dan kebersihan Pantai Kedungu agar mampu bersaing dengan daya tarik wisata lainnya di Kabupaten Tabanan.

Article Details

How to Cite
Laili, E. F. N., Utama, I. G. B. R., & Susanto, P. C. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN PANTAI KEDUNGU SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KEKINIAN DI KABUPATEN TABANAN. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 20(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/3438
Section
Articles

References

I.G.B.R Utama. 2015. Pengantar Industri Pariwisata. Ed.1, Yogyakarta : Deepublish.

Setiyarti, T., Juniasih, I. A. K., and Sundari, N. N. M. P., 2020. Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Berawa Tibubeneng. JURNAL CAPITAL: Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), pp.69-81.

Trimurti, C.P. and Utama, I.G.B.R., 2020. Model Pengembangan Destinasi Dalam Perspektif Motivasi Berwisata. Deepublish.