PERAN MEDIA SOSIAL (FACEBOOK, INSTAGRAM, YOUTUBE) DALAM MENARIK WISATAWAN MENGUNJUNGI OBJEK WISATA TETEMPANGAN HILL KAB. MINAHASA PROV. SULAWESI UTARA
Article Sidebar
Published:
Apr 5, 2018
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 1471
Download : 521
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Attractions Tetempangan Hill is one tourist attraction that is booming and become an idol for the tourists both local, national and foreign tourists who come in the area of North Sulawesi. The attractions of Tetempangan Hill present beautiful scenery and bring coolness to the visitors. Where attractions Tetempangan Hill presents views of the sea and mountains are green. No doubt the presence of social media pioneer the increasingly familiar tourist attractions Tetempangan Hill.Dimana with social media to make someone can communicate one between the other, interact with each other and through social media can make someone perpetuate their activities or experiences by uploading photos or pictures even videos that people can consume. In this research, the research method used is descriptive method that is quantitative.Descriptive Research Methods is a method that is done to provide an overview of the role of social media in attracting tourists visiting attractions Tetempangan Hill while the method of quantitative research is the method of analysis using the numbers. The data collection techniques used in this study is a survey method that researchers collect data in an object where the study was held by using questionnaires distributed to 120 respondents. A total of 78 respondents or 65% said social media play a role in attracting them to visit attractions Tetempangan Hill, 35 respondents or 29% said social media play a role and 7 respondents or 6% sesesar say enough role.And 98 respondents or equal to 82 % argues that the most social media play their interest to visit attractions Tetempangan Hill is facebook, after social media facebook social media instagram that is as much as 15 respondents or 12% and social media youtube is the most small social media that is as much as 7 respondents or for 6%.
Keywords: Social Media, Tourists, Tourist Attraction
ABSTRAK
Objek wisata Tetempangan Hill merupakan salah satu objek wisata yang sedang booming dan menjadi idola bagi para wisatawan baik lokal, nasional maupun mancanegara yang datang didaerah Sulawesi Utara. Objek wisata Tetempangan Hill menyajikan pemandangan yang indah dan membawa kesejukan bagi para pengunjung. Dimana objek wisata Tetempangan Hill menyajikan pemandangan laut dan pegunungan yang hijau. Tidak dipungkiri kehadiran media sosial menjadi pelopor semakin dikenalnya objek wisata Tetempangan Hill. Dimana dengan media sosial membuat seseorang dapat berkomunikasi satu antara yang lain, berinteraksi satu sama lain serta melalui media sosial bisa membuat seseorang mengabadikan kegiatan atau pengalaman mereka dengan mengupload foto-foto atau gambar bahkan video yang bisa dikonsumsi orang banyak. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yanag bersifat kuantitatif. Metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode yang dilakukan untuk memberikan gambaran tentang peran media sosial dalam menarik wisatawan mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill sedangkan metode penelitian kuantitatif yaitu metode analisis yang mneggunakan angka-angka. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yaitu peneliti mengumpulkan data disuatu objek tempat penelitian diadakan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 120 responden. Sebanyak 78 responden atau sebesar 65% menyatakan media sosial sangat berperan dalam menarik mereka
untuk mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill, 35 responden atau sebesar 29% menyatakan media sosial berperan menarik mereka mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill dan 7 responden atau sebesar 6% menyatakan cukup berperan. Dan sebanyak 98 responden atau sebesar 82% berpendapat bahwa media sosial yang paling berperan menarik mereka untuk mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill adalah facebook, setelah media sosial facebook media sosial instagram yakni sebanyak 15 responden atau sebesar 12% dan media sosial youtube merupakan media sosial yang paling kecil perannya yaitu sebanyak 7 responden atau sebesar 6%.
Kata Kunci : Media Sosial, Wisatawan, Objek Wisata
Attractions Tetempangan Hill is one tourist attraction that is booming and become an idol for the tourists both local, national and foreign tourists who come in the area of North Sulawesi. The attractions of Tetempangan Hill present beautiful scenery and bring coolness to the visitors. Where attractions Tetempangan Hill presents views of the sea and mountains are green. No doubt the presence of social media pioneer the increasingly familiar tourist attractions Tetempangan Hill.Dimana with social media to make someone can communicate one between the other, interact with each other and through social media can make someone perpetuate their activities or experiences by uploading photos or pictures even videos that people can consume. In this research, the research method used is descriptive method that is quantitative.Descriptive Research Methods is a method that is done to provide an overview of the role of social media in attracting tourists visiting attractions Tetempangan Hill while the method of quantitative research is the method of analysis using the numbers. The data collection techniques used in this study is a survey method that researchers collect data in an object where the study was held by using questionnaires distributed to 120 respondents. A total of 78 respondents or 65% said social media play a role in attracting them to visit attractions Tetempangan Hill, 35 respondents or 29% said social media play a role and 7 respondents or 6% sesesar say enough role.And 98 respondents or equal to 82 % argues that the most social media play their interest to visit attractions Tetempangan Hill is facebook, after social media facebook social media instagram that is as much as 15 respondents or 12% and social media youtube is the most small social media that is as much as 7 respondents or for 6%.
Keywords: Social Media, Tourists, Tourist Attraction
ABSTRAK
Objek wisata Tetempangan Hill merupakan salah satu objek wisata yang sedang booming dan menjadi idola bagi para wisatawan baik lokal, nasional maupun mancanegara yang datang didaerah Sulawesi Utara. Objek wisata Tetempangan Hill menyajikan pemandangan yang indah dan membawa kesejukan bagi para pengunjung. Dimana objek wisata Tetempangan Hill menyajikan pemandangan laut dan pegunungan yang hijau. Tidak dipungkiri kehadiran media sosial menjadi pelopor semakin dikenalnya objek wisata Tetempangan Hill. Dimana dengan media sosial membuat seseorang dapat berkomunikasi satu antara yang lain, berinteraksi satu sama lain serta melalui media sosial bisa membuat seseorang mengabadikan kegiatan atau pengalaman mereka dengan mengupload foto-foto atau gambar bahkan video yang bisa dikonsumsi orang banyak. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yanag bersifat kuantitatif. Metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode yang dilakukan untuk memberikan gambaran tentang peran media sosial dalam menarik wisatawan mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill sedangkan metode penelitian kuantitatif yaitu metode analisis yang mneggunakan angka-angka. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yaitu peneliti mengumpulkan data disuatu objek tempat penelitian diadakan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 120 responden. Sebanyak 78 responden atau sebesar 65% menyatakan media sosial sangat berperan dalam menarik mereka
untuk mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill, 35 responden atau sebesar 29% menyatakan media sosial berperan menarik mereka mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill dan 7 responden atau sebesar 6% menyatakan cukup berperan. Dan sebanyak 98 responden atau sebesar 82% berpendapat bahwa media sosial yang paling berperan menarik mereka untuk mengunjungi objek wisata Tetempangan Hill adalah facebook, setelah media sosial facebook media sosial instagram yakni sebanyak 15 responden atau sebesar 12% dan media sosial youtube merupakan media sosial yang paling kecil perannya yaitu sebanyak 7 responden atau sebesar 6%.
Kata Kunci : Media Sosial, Wisatawan, Objek Wisata
Article Details
How to Cite
Andih, D. C. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL (FACEBOOK, INSTAGRAM, YOUTUBE) DALAM MENARIK WISATAWAN MENGUNJUNGI OBJEK WISATA TETEMPANGAN HILL KAB. MINAHASA PROV. SULAWESI UTARA. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1). https://doi.org/10.36002/jep.v13i1.344
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.