STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ALAM DANAU SANO NGGOANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN MANGGARAI BARAT
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata alam danau Sano Nggoang sebagai daya Tarik wisata di Kabupaten Manggarai Barat. Memperoleh data melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan 10 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah SWOT yang terdiri atas matriks IFAS-EFAS. Melalui analisis matriks IFAS-EFAS diperoleh hasil perhitungan skor IFAS sebesar 2,91 dan dan EFAS sebesar 2,66 yang berarti posisi Danau Sano Nggoang, berada pada kuadran V yaitu posisi Growth (Pertumbuhan). Hasil penelitian indikator internal daya Tarik wisata Danau Sano Nggoang memperoleh 7 indikator sebagai kekuatan, 4 indikator sebagai kelemahan. Indikator Eksternal memperoleh 5 indikator sebagai peluang dan 3 indikator sebagai ancaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dirumuskan beberapa strategi yakni: Memperkenalkan budaya masyarakat lokal kepada wisatawan baik dari segi tarian adat, baju adat, bahasa daerah yang digunakan hingga makanan khas masyarakat setempat, Memberikan pelayanan yang baik dan gencar melakukan promosi baik melalui media massa ataupun pemasangan spanduk dan penyebaran brosur agar wisatawan yang berdatangan lebih beranekaragam lagi. Bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya peningkatan Daya Tarik Wisata Danau Sano Nggoang. Membangun jalanraya yang bagus menuju Danau Sano Nggoang agar jarak tempuh dari pusat kota Labuan Bajo tidak terlalu jauh. Menjaga sarana dan prasarana yang tersedia di Danau Sano Nggoang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
I Gusti Bagus Rai Utama, Universitas Dhyana Pura
Osin, R. F., Kusuma, I. R. W., & Suryawati, D. A, 2019, ‘Strategi Pengembangan Objek Wisata Kampung Tradisional Bena Kabupaten Ngada-Flores Nusa Tenggara Timur (NTT)’. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, vol. 14, no. 1, pp. 60-65.
Putra, P. S. E., Parno, R., 2018, ‘Strategi Pengembangan Ekowisata Taman Nasional Komodo di Desa Komodo Nusa Tenggara Timur’, Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Humaniora (SINTESA), 1, https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.526.
Rangkuti, F., 2016, ‘Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT’, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Utama, I. G. B. R., 2017, Metodologi Penelitian Pariwisata & Hospitality Dilengkapi Studi Kasus Penelitian. Pustaka Larasan, Denpasar.
References
Osin, R. F., Kusuma, I. R. W., & Suryawati, D. A. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Kampung Tradisional Bena Kabupaten Ngada-Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 14(1), hal: 60-65.
Putra, P. S. E., Parno, R. (2018). Strategi Pengembangan Ekowisata Taman Nasional Komodo di Desa Komodo Nusa Tenggara Timur.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama.
Utama, I. G. B. R. (2017). Metodologi Penelitian Pariwisata & Hospitality Dilengkapi Studi Kasus Penelitian. Pustaka Laras.