Peran Moderasi Pendapat Orang Tua antara Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Siswa Memilih SMK Duta Bangsa Denpasar

Main Article Content

Pande Gede Mahendra Sila
Luh Komang Candra Dewi
Ni Luh Sili Antari

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMK Duta Bangsa Denpasar, bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan siswa dalam memilih SMK Duta Bangsa Denpasar, pengaruh pendapat orang tua terhadap keputusan siswa dalam memilih SMK Duta Bangsa Denpasar, dan moderasi pendapat orang tua pada pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan siswa memilih SMK Duta bangsa Denpasar. Populasi adalah seluruh siswa SMK Duta Bangsa Denpasar sejumlah 90 orang. Jumlah sampel sama dengan populasi, sedang teknik sampling menggunakan total sampling, karena menggunakan jumlah sampel sama dengan populasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan pendekatan variance based atau component based dengan warp Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMK Duta Bangsa Denpasar. Pendapat orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMK Duta Bangsa Denpasar. Namun moderasi pendapat orang tua tidak berpengaruh pada bauran pemasaran dan keputusan siswa memilih SMK Duta Bangsa Denpasar.

Article Details

How to Cite
Sila, P. G. M., Dewi, L. K. C., & Antari , N. L. S. (2025). Peran Moderasi Pendapat Orang Tua antara Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Siswa Memilih SMK Duta Bangsa Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 20(2), 1–14. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/4811
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta Charles.

Barone, M., Bussoli, C., & Fattobene, L. (2024). Digital financial consumers' decision-making: a systematic literature review and integrative framework. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/ijbm-07-2023-0405

Lamb, C.W., Hair, J.F., & McDaniel, C. (2001). Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Hadi, S. (2003). Pengantar Pendidikan. Surakarta: UNS Pers.

Ihromi. (1999). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Joyomartono, M. (1992). Faktor Sosial Budaya Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Melanjutkan Sekolah Sesudah Tamat Enam Tahun di Masyarakat Jawa Tengah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran 1 Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Kusumawati, A. (2013). “A Qualitative Study of The Factors Influencing Student Choice: The Case of Public University in Indonesia.” Journal of Basic and applied scientific research, 3(1), 314-327

Mehboob, F., Shah, S. M., & Bhutto, N. A. (2012). “Factors influencing student's enrollment decisions in selection of Higher Education Institutions (HEI's).” Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(5), 558-568.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta: Andi.

Pimpa, N. (2004). “The Relationship between Thai Students' Choices of International Education and Their Families.” International Education Journal, 5(3), 352-359.

Rahmawati, N. I. (2019). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIE Muhammadiyah Jakarta.” Ikra-Ith Ekonomika, 2(1), 77-84.

Rosmaniar, A. (2019). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Surabaya.” KINERJA, 16(1), 22-33.

Samat, S., Marnisah, L., Hendro, O., & Jenahar, T. (2017). “Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(4), 221-229.

Soedijati, E. K., & Pratminingsih, S. A. (2011). “The Impacts of Marketing Mix On Students Choice of University Study Case of Private University In Bandung, Indonesia.” 2nd International Conference on Business and Economic Research (2nd ICBER 2011).

Solimun. (2010). Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. Malang: Program Studi Statistika FMIPA-UB.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, G., Oroh, S. G., & Soegoto, A. S. (2014). “Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah di SMKN 1 Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Wibowo, P. (2017). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Masuk Ke Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Elektronika Industri di Kabupaten Kulon Progo.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(5).