MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK LITTLE STEPS MELALUI METODE BERMAIN TEKA-TEKI BERGAMBAR

Main Article Content

Alexandryan Nazu Were
Christiani Endah Poerwati
Putu Indah Lestari

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of the play method in an effort to improve early childhood reading skills in Group B in the Little Steps Kindergarten. The subjects of this study were group B children in the Little Steps Kindergarten, totaling 25 children. The type of research used is Classroom Action Research (CAR), which was carried out using 2 cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. Data collection methods used are observation and documentation. Analysis of the data used is descriptive and qualitative analysis. The results of preliminary observations before the action showed that children who have completeness of children's early reading ability reached 20%. In the implementation of learning by the project method Cycle I increased to 24% and in Cycle II, again increased to 84%. Based on these results it can be concluded that play activities can improve early reading skills in early childhood in Group B Little Steps Kindergarten.
Keywords: early childhood, early reading skills, play method


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode bermain dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini pada Kelompok B di TK Little Steps. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Little Steps yang berjumlah 25 anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil Observasi awal sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki ketuntasan kemampuan membaca awal anak mencapai 20%. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan metode proyek Siklus I meningkat menjadi 24% dan pada Siklus II, kembali meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain mampu meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini pada Kelompok B TK Little Steps.

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan membaca Awal, Metode Bermain

Article Details

How to Cite
Were, A. N., Poerwati, C. E., & Lestari, P. I. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK LITTLE STEPS MELALUI METODE BERMAIN TEKA-TEKI BERGAMBAR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2. https://doi.org/10.36002/snts.v2i1.1028
Section
Articles