METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN DAN PEMBIASAAN PERILAKU KESEHATAN DAN KESELAMATAN PADA ANAK USIA DINI

Main Article Content

Ni Made Ayu Suryaningsih
Christiani Endah Poerwati
I Made Elia Cahaya

Abstract

ABSTRACT

The highest period of development of human intelligence is at an early stage (0-6 years). Ensuring optimal growth and development of children is the responsibility of various parties. No exception is the role of early childhood educators. Provide appropriate stimulus, facilitate the needs and protect the process of growth and development of all possible threats. Given that threats to health and safety can occur anywhere. Children as objects of protection need to be provided with knowledge and attitudes and behaviors related to their health and safety. One effort to protect early childhood from dangers is to increase their understanding of hazards and ways to deal with hazards through the introduction of health and safety behaviors. Preventive efforts that can be carried out are through the learning process in PAUD, using various learning methods that are appropriate for the characteristics of early childhood. So that the application of this method can introduce and familiarize child health and safety behavior as early as possible.
Keywords: early childhood, health and safety behavior, learning methods
ABSTRAK
Masa perkembangan intelijensia manusia paling tinggi berada pada tahap usia dini (0-6 tahun). Memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal menjadi tanggung jawab berbagai pihak. Tidak terkecuali peran pendidik anak usia dini. Memberikan stimulus yang sesuai, memfasilitasi kebutuhan serta melindungi proses pertumbuhan dan perkembangan dari segala ancaman yang mungkin terjadi. Mengingat ancaman terhadap kesehatan dan keselamatan dapat terjadi dimana saja. Anak sebagai objek perlindungan perlu dibekali pengetahuan dan sikap serta perilaku yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan dirinya. Salah satu upaya perlindungan anak usia dini terhindar dari bahaya adalah dengan meningkatkan pemahamannya akan bahaya dan cara-cara mengatasi bahaya melalui pengenalan perilaku kesehatan dan keselamatan. Upaya preventif yang bisa dilakukan yakni melalui proses pembelajaran di PAUD, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai kharakteristik anak usia dini. Sehingga aplikasi dari metode tersebut dapat memperkenalakan dan membiasakan perilaku kesehatan dan keselamatan anak sedini mungkin.
Kata Kunci : anak usia dini, perilaku kesehatan dan keselamatan, metode pembelajaran

Article Details

How to Cite
Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2020). METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN DAN PEMBIASAAN PERILAKU KESEHATAN DAN KESELAMATAN PADA ANAK USIA DINI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2. https://doi.org/10.36002/snts.v2i1.1029
Section
Articles