DAYA TARIK TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ONLINE

Main Article Content

Ni Luh Warini
Ni Putu Elsa Sukma Dewi
Putu Chris Susanto
Putu Chrisma Dewi

Abstract

ABSTRAK
TikTok adalah aplikasi untuk membuat dan berbagi konten yang digemari oleh mayoritas generasi milenial dan generasi Z di tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fenomena meluasnya penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa Inggris online. Ini berfokus pada membahas daya tarik TikTok bagi generasi milenial dan generasi Z untuk belajar bahasa Inggris melalui konten video daring yang disajikan oleh content creator terbaik di bawah tagar populer #learnenglish. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dari video online di TikTok dari empat content creator terbaik dan juga menggunakan alat Exolyt. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada lima jenis pelajaran dari video online TikTok yang sering dibuat, yaitu pronunciation, vocabulary, grammar, common mistakes, dan English facts. Kategori pronunciation sebagai kategori tertinggi dari empat pembuat konten terbaik. Selain itu, temuan juga menunjukkan bahwa TikTok memiliki daya tarik sebagai media pembelajaran bahasa Inggris; video yang singkat, materi yang sederhana dan menarik, dilengkapi dengan backsound, gambar, editing filter yang dapat memberikan manfaat, dan juga menghibur.
Kata kunci: TikTok, pembelajaran bahasa Inggris, video daring, media sosial

Article Details

How to Cite
Warini, N. L., Dewi, N. P. E. S., Susanto, P. C., & Dewi, P. C. (2021). DAYA TARIK TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ONLINE. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1230
Section
Articles