EVALUASI TIGA METODE IDENTIFIKASI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS SCIURI DARI PINDANG TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS)

Main Article Content

Purwaningtyas Kusumaningsih
I Gede Mustika

Abstract

ABSTRAK
Metode identifikasi merupakan salah satu tombak utama dalam penegakan diagnosis. Beberapa metode telah dikembangkan untuk meningkatkan sensitifitas dan kemampuan spesifikasinya dalam mengidentifikasi mikroorganisme. Kombinasi beberapa metode digunakan bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam proses identifikasi. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap tiga metode identifikasi bakteri yaitu pewarnaan gram, uji biokimia dan uji molekuler. Tujuan dari penelitian lanjutan ini untuk melihat kemampuan ketiga metode tersebut dalam mengidentifikasi bakteri Staphylococcus sciuri dari sampel Pindang tongkol (Euthynnus affinis). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ketiga metode dapat saling mendukung ketepatan identifikasi bakteri Staphylococcus. Identifikasi pewarnaan gram dapat membedakan bakteri cocci golongan Staphylococcus dengan Streptococcus, tetapi belum mampu menentukan golongan virulensi bakteri. Uji biokimia dengan kit StaphaurexTM menunjukkan sensitif dalam membedakan antara Coagulase-negative Staphylococcus (CoNS) dan Coagulase-positive Staphylococcus (CoPS), secara general dan tingkat virulensi. Uji molekuler memberikan hasil yang spesifik identitas sampel sebagai Staphylococcus sciuri. Ketiga metode pewarnaan dan uji biokimia mampu mengidentifikasi bakteri Staphylococcus sp. dan uji molekular diketahui mampu mengidentifikasi Staphylococcus sciuri. Bakteri S. sciuri dapat ditemukan dalam feses ikan, merupakan flora normal di permukaan kulit, mampu menyebabkan penyakit zoonosis dan merupakan indikator kecemaran lingkungan.
Kata kunci: Diagnosis, identifikasi bakteri, Staphylococcus sp.

Article Details

How to Cite
Kusumaningsih, P., & Mustika, I. G. (2021). EVALUASI TIGA METODE IDENTIFIKASI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS SCIURI DARI PINDANG TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS). Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1239
Section
Articles