ANALISIS SEMIOTIK IKLAN PROMOSI PERHOTELAN DI KABUPATEN BADUNG

Main Article Content

Km Tri Sutrisna Agustia
Ida Bagus Made Juliana Raditha Oka

Abstract

ABSTRAK
Adanya fenomena miss-interpretasi dan ketidaksesuaian makna yang diinginkan dalam sebuah iklan
hotel, memberikan kerugian yang signifikan terhadap pelaku perhotelan di Bali. Tujuan dari studi ini
untuk memahami makna yang terkandung dalam sebuah iklan promosi perhotelan yang diambil
khusus di Kabupaten Badung. Studi ini menganalisis 1) wujud bagian-bagian iklan yang berupa judul,
nama perusahaan, teks, dan slogan yang terdapat dalam iklan perhotelan, (2) mendeskripsikan
wujud hubungan tanda dan acuannya yang berupa penanda dan pertanda dalam iklan perhotelan,
(3) mendeskripsikan dan memberikan gambaran saran mengenai peranan makna yang tepat dalam
iklan perhotelan. Rancangan studi ini menggunakan rancangan kualitatif yang dikumpulkan dari
subjek studi yang berupa iklan-iklan hotel yang dikumpulkan dari iklan promosi (brosur atau website)
hotel di Badung, Bali. Objek dalam studi ini berupa kata, frasa, kalimat, gambar, dan warna yang
ada dalam iklan-iklan tersebut. Hasil yang dicapai dalam studi ini adalah adanya hubungan antara
simbol dan pemaknaan yang dipakai dalam sebuah iklan promosi perhotelan. Ke depannya dapat
dilakukan penambahan variabel ilmu semiotika dalam perancangan sebuah iklan hotel sehingga
memberikan gambaran kesesuaian antara pengaplikasian ilmu semiotika dan praktik pemasaran
hotel yang dituangkan dalam iklan. Kesesuaian yang tepat antara keinginan dan makna yang ingin
disampaikan bisa terbangun dengan baik untuk menghindari adanya kesalahpahaman antara hotel
dan target pasar.
Kata kunci: semiotika, iklan, promosi, perhotelan, Badung

Article Details

How to Cite
Agustia, K. T. S., & Oka, I. B. M. J. R. (2021). ANALISIS SEMIOTIK IKLAN PROMOSI PERHOTELAN DI KABUPATEN BADUNG. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1247
Section
Articles