PENGARUH STRATEGI MIND MAPPING DALAM PRESENTASI LISAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH INTRODUCTION TO LINGUISTICS
Article Sidebar
Published:
Jan 4, 2021
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 216
Download : 118
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Pendidik dalam proses pembelajaran berkewajiban memberikan bantuan kepada peserta didik agar mereka memperoleh ilmu dan pengetahuan, kecakapan skill dan pembentukan sikap. Proses pembelajaran yang berlangsung di perguruan tinggi biasanya menggunakan metode ceramah atau presentasi. Dalam presentasi, mahasiswa biasanya hanya membaca teks yang mereka buat tanpa memahami apa yang mereka buat sehingga materi tidak bertahan lama di memori mereka. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini akan menguji satu strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam mata kuliah Introduction to Linguistics. Strategi yang akan digunakan pada mata kuliah ini adalah strategi mind mapping, dimana strategi ini merupakan strategi mencatat kreatif yang memudahkan kita mengingat banyak informasi. Strategi ini akan diterapkan pada kelas Introduction to Linguistics. Ilmu linguistik dapat dibedakan menjadi mikrolinguistik dan makrolinguistik dimana setiap bagian tersebut memiliki beberapa cabang lagi. Disinilah kendala yang biasanya dihadapi oleh mahasiswa, dimana materi linguistik ini tidak lama ada dalam memori mereka serta mereka tidak bisa menghubungkan cabang cabang ilmu tersebut satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dibahas tentang bagaimana kreativitas mahasiswa mengembangkan sebuah topik menjadi bahan presentasi yang baik dan melihat keefektifan strategi pembelajaran mind mapping pada presentasi lisan mahasiswa dalam mata kuliah Introduction to Linguistics.
Kata Kunci: mind mapping, hasil presentasi lisan
Pendidik dalam proses pembelajaran berkewajiban memberikan bantuan kepada peserta didik agar mereka memperoleh ilmu dan pengetahuan, kecakapan skill dan pembentukan sikap. Proses pembelajaran yang berlangsung di perguruan tinggi biasanya menggunakan metode ceramah atau presentasi. Dalam presentasi, mahasiswa biasanya hanya membaca teks yang mereka buat tanpa memahami apa yang mereka buat sehingga materi tidak bertahan lama di memori mereka. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini akan menguji satu strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam mata kuliah Introduction to Linguistics. Strategi yang akan digunakan pada mata kuliah ini adalah strategi mind mapping, dimana strategi ini merupakan strategi mencatat kreatif yang memudahkan kita mengingat banyak informasi. Strategi ini akan diterapkan pada kelas Introduction to Linguistics. Ilmu linguistik dapat dibedakan menjadi mikrolinguistik dan makrolinguistik dimana setiap bagian tersebut memiliki beberapa cabang lagi. Disinilah kendala yang biasanya dihadapi oleh mahasiswa, dimana materi linguistik ini tidak lama ada dalam memori mereka serta mereka tidak bisa menghubungkan cabang cabang ilmu tersebut satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dibahas tentang bagaimana kreativitas mahasiswa mengembangkan sebuah topik menjadi bahan presentasi yang baik dan melihat keefektifan strategi pembelajaran mind mapping pada presentasi lisan mahasiswa dalam mata kuliah Introduction to Linguistics.
Kata Kunci: mind mapping, hasil presentasi lisan
Article Details
How to Cite
Dewi, N. L. D. S., Utami, G. W. N., & Wardhana, I. G. N. P. (2021). PENGARUH STRATEGI MIND MAPPING DALAM PRESENTASI LISAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH INTRODUCTION TO LINGUISTICS. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1249
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.