METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA PhET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL

Main Article Content

Ni Luh Putu Mery Marlinda

Abstract

ABSTRAK
Pandemi Covid-19 memaksa seluruh kegiatan pembelajaran termasuk diantaranya
praktikum dilakukan melalui pembelajaran daring. Hal ini tentu merupakan pengalaman yang baru
untuk siswa khususnya siswa yang mengikuti pembelajaran Fisika. Walaupun media pembelajaran
untuk praktikum sudah ada dari sebelum pandemi, namun pendampingan langsung tentu
dirasakan lebih efektif. Media PhET sendiri sudah digunakan sejak tahun 2017, namun masih
beberapa sekolah saja yang menggunakan media ini. PhET didesain khusus oleh para ahli dengan
tujuan memberikan kemudahan kepada para pengajar/guru fisika dalam menyampaikan materi
pembelajaran. PhET juga berfungsi untuk memudahkan siswa memahami materi khususnya
materi-materi yang berkaitan dengan alam nyata dan perlu dipraktekkan di laboratorium, seperti
pegas, cermin dan bayangan, difraksi dan refleksi dan lain-lain. Model pembelajaran yang efektif
bersanding dengan metode ini salah satunya adalah Model Pembelajaran PJBL tentu sangat efektif
digunakan pada metode eksperimen. Model pembelajaran ini juga dapat digunakan ketika pendidik
ingin lebih menekankan pada keterampilan sains yaitu pada kegiatan mengamati, menggunakan
alat dan bahan, menginterpretasikan, merencanakan proyek, menerapkan konsep, mengajukan
pertanyaan dan berkomunikasi dengan baik. Selain itu pendidik juga dapat menggunakan model
PjBL ketika ingin mengembangkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam merancang dan
membuat sebuah proyek yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan secara
sistematis
Kata kunci: Metode Eksperimen, PhEt, PJBL

Article Details

How to Cite
Marlinda, N. L. P. M. (2021). METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA PhET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1264
Section
Articles