GAYA BAHASA METAFORA DALAM PEMBERITAAN PANDEMI COVID-19 DI MEDIA KOMPAS
Article Sidebar
Published:
Jan 4, 2021
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 158
Download : 152
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Gaya bahasa adalah bahasa indah yang digunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan
memperkenalkan serta memperbandingkan suatu benda atau hal lain yang lebih umum (Tarigan,
1985:5). Terkhusus dalam media cetak, gaya bahasa seringkali digunakan bukan semata-mata
untuk estetika saja, tetapi untuk menghaluskan sebuah makna. Permasalahan yang akan dibahas
dalam penelitian ini adalah gaya bahasa metafora yang dipakai oleh media cetak dalam pemberitaan
Pandemi Covid-19 serta makna dibalik penggunaan gaya bahasa tersebut. Penelitian ini bermanfaat
untuk menambah pengetahuan baik peneliti dan pembaca tentang penggunaan gaya bahasa dalam
media cetak, sehingga hasil penelitian ini berguna dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sumber
data diambil dari surat kabar Kompas terbitan bulan Februari - April 2020 yang membahas tentang
Pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Gaya bahasa metafora dalam
pemberitaan Covid-19 di media Kompas digunakan untuk sebagai lukisan atau kiasan berdasarkan
persamaan atau perbandingan.
Kata kunci: metafora, makna, media cetak
Gaya bahasa adalah bahasa indah yang digunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan
memperkenalkan serta memperbandingkan suatu benda atau hal lain yang lebih umum (Tarigan,
1985:5). Terkhusus dalam media cetak, gaya bahasa seringkali digunakan bukan semata-mata
untuk estetika saja, tetapi untuk menghaluskan sebuah makna. Permasalahan yang akan dibahas
dalam penelitian ini adalah gaya bahasa metafora yang dipakai oleh media cetak dalam pemberitaan
Pandemi Covid-19 serta makna dibalik penggunaan gaya bahasa tersebut. Penelitian ini bermanfaat
untuk menambah pengetahuan baik peneliti dan pembaca tentang penggunaan gaya bahasa dalam
media cetak, sehingga hasil penelitian ini berguna dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sumber
data diambil dari surat kabar Kompas terbitan bulan Februari - April 2020 yang membahas tentang
Pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Gaya bahasa metafora dalam
pemberitaan Covid-19 di media Kompas digunakan untuk sebagai lukisan atau kiasan berdasarkan
persamaan atau perbandingan.
Kata kunci: metafora, makna, media cetak
Article Details
How to Cite
Dewi, P. C., Kamayana, I. G. N. P., & Rahmadewi, P. S. K. (2021). GAYA BAHASA METAFORA DALAM PEMBERITAAN PANDEMI COVID-19 DI MEDIA KOMPAS. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1281
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.