ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA ESAI MOTIVASI MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL UNIVERSITAS DHYANA PURA

Main Article Content

Kadek Tika Pratista Adi Suarni
I Gede Neil Prajamukti Wardhana
Ni Luh Christine Prawita Sari Suyasa

Abstract

ABSTRAK
Tanda baca tidak dapat dipisahkan dari kegiatan menulis. Tanda baca adalah tanda yang
digunakan dalam sistem ejaan yang dapat membantu pembaca untuk memahami makna
tulisan dengan tepat sehingga tidak terjadi kesalahan makna yang ingin disampaikan oleh
penulis. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan tanda
baca pada esai motivasi mahasiswa Kelas Internasional Universitas Dhyana Pura. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan tanda baca pada esai motivasi
mahasiswa Kelas Internasional Universitas Dhyana Pura. Jenis metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif
kualitatif. Esai motivasi mahasiswa Kelas Internasional Universitas Dhyana Pura merupakan
sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik
dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu teori
Harmer (2004). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca
terbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu kesalahan penggunaan tanda baca huruf
kapital berjumlah 7 data. Kesalahan tanda baca lainnya yaitu: kesalahan penggunaan tanda
baca titik (.) berjumlah 2 data, kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) berjumlah 4 data
dan kesalahan penggunaan tanda baca petik tunggal (‘...’) berjumlah 2 data.
Kata kunci: esai, menulis, tanda baca.

Article Details

How to Cite
Adi Suarni, K. T. P., Wardhana, I. G. N. P., & Suyasa, N. L. C. P. S. (2022). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA ESAI MOTIVASI MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL UNIVERSITAS DHYANA PURA. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1677
Section
Articles