ANALISIS PERILAKU KONSUMEN COFFEE SHOP DI KINTAMANI DI MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PENDEKATAN MODEL TINGKAH LAKU KERBY
Article Sidebar
Published:
Feb 15, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 121
Download : 551
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Pandemi COVID-19 telah banyak membuat perubahan yang begitu drastis di berbagai
sektor, salah satunya adalah pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran
perilaku konsumen coffee shop di Kintamani yang melakukan kunjungan di masa pandemic
COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Analisis data
menggunakan statistic deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 partisipan yang
diperoleh menggunakan teknik kuota sampling. Terdapat satu instrument pengukuran yang
digunakan dalam penelitian ini, yakni skala perilaku konsumen dengan lima indikator yang
disusun berdasarkan teori model tingkah laku Kerby. Instrument penelitian telah melalui tiga
uji coba alat ukur, yakni uji validitas isi dari 3 orang expert judgement dan memperoleh hasil
0.4167-1, validitas alat ukur dengan hasil dari 0.393-0.745 dan reliabilitas sebesar 0.935
dari 37 orang responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online
yang terdiri dari 30 butir pernyataan. Hasil uji menunjukkan bahwa perilaku konsumen
coffee shop yang melakukan kunjungan di masa Pandemi COVID-19, di dominasi oleh
indiKator social dengan hasil rata-rata 22.5 dan persentase 22.5% yang didukung oleh hasil
kategorisasi perindikator yang menunjukkan indicator sosial termasuk ke dalam kategori
tinggi, dengan jumlah 69 orang dan persentase 71.9%.
Kata kunci: coffee shop, model tingkah laku kerby, perilaku konsumen.
Pandemi COVID-19 telah banyak membuat perubahan yang begitu drastis di berbagai
sektor, salah satunya adalah pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran
perilaku konsumen coffee shop di Kintamani yang melakukan kunjungan di masa pandemic
COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Analisis data
menggunakan statistic deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 partisipan yang
diperoleh menggunakan teknik kuota sampling. Terdapat satu instrument pengukuran yang
digunakan dalam penelitian ini, yakni skala perilaku konsumen dengan lima indikator yang
disusun berdasarkan teori model tingkah laku Kerby. Instrument penelitian telah melalui tiga
uji coba alat ukur, yakni uji validitas isi dari 3 orang expert judgement dan memperoleh hasil
0.4167-1, validitas alat ukur dengan hasil dari 0.393-0.745 dan reliabilitas sebesar 0.935
dari 37 orang responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online
yang terdiri dari 30 butir pernyataan. Hasil uji menunjukkan bahwa perilaku konsumen
coffee shop yang melakukan kunjungan di masa Pandemi COVID-19, di dominasi oleh
indiKator social dengan hasil rata-rata 22.5 dan persentase 22.5% yang didukung oleh hasil
kategorisasi perindikator yang menunjukkan indicator sosial termasuk ke dalam kategori
tinggi, dengan jumlah 69 orang dan persentase 71.9%.
Kata kunci: coffee shop, model tingkah laku kerby, perilaku konsumen.
Article Details
How to Cite
Tiara, N. L. A., Hartika, L. D., & ., W. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN COFFEE SHOP DI KINTAMANI DI MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PENDEKATAN MODEL TINGKAH LAKU KERBY. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1679
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.