MAKNA SIMBOL SEMIOTIKA SOSIAL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT COVID-19

Main Article Content

Komang Tri Sutrisna Agustia

Abstract

ABSTRAK
Peranan sebuah iklan dalam mempengaruhi persepsi dan pemahaman masyarakat
memiliki kompetensi tersendiri dalam dunia pemasaran. Iklan dapat dijadikan alat promosi
dalam pengenalan, pemahaman sebuah konsep atau ajakan. Ajakan dalam penelitian ini
merupakan ajakan mengenai pentingnya peran masyarakat saat pandemik Covid-19. Produk
iklan yang diambil di penelitian ini adalah iklan himbauan masyarakat mengenai Covid-19
dari lembaga komersil dan non-komersil di Indonesia. Adanya fenomena miss-interpretasi
dan ketidaksesuaian makna yang diinginkan dalam sebuah iklan, memberikan dampak yang
signifikan terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Bali. Tujuan dari penelitian ini untuk
menyelaraskan masalah penyampaian sebuah makna dalam iklan himbauan masyarakat
mengenai Covid-19 yang tidak dipahami oleh publik sehingga terjadinya kesalahpahaman.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan wujud bagian iklan yang berupa judul,
teks, dan slogan, (2) mendeskripsikan wujud hubungan tanda dan acuannya yang berupa
penanda dan pertanda dalam iklan, (3) mendeskripsikan dan memberikan gambaran saran
mengenai peranan makna yang tepat dalam iklan himbauan masyarakat. Rancangan
penelitian menggunakan rancangan kualitatif yang dikumpulkan dari subjek penelitian yang
berupa iklan himbauan masyarakat mengenai Covid-19, dari website dan media cetak.
Objek dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, gambar, dan warna. Tahapan
penelitian diawali dari pengumpulan data iklan himbauan masyarakat mengenai Covid-19
kemudian disusun gambaran pemaknaan yang tepat mengenai iklan himbauan masyarakat
mengenai Covid-19 berdasarkan semiotika. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah
penambahan variabel ilmu semiotika dalam perancangan iklan himbauan masyarakat
mengenai Covid-19 sehingga memberikan gambaran kesesuaian antara pengaplikasian ilmu
semiotika dan praktik pemberian anjuran serta himbauan yang dituangkan dalam iklan.
Kesesuaian yang tepat antara keinginan dan makna yang ingin disampaikan bisa terbangun
dengan baik untuk menghindari adanya kesalahpahaman antara penghimbau dan target
publik. Target lain yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah adanya pengembangan ilmu
Bahasa dalam ranah yang lebih luas baik dalam dunia periklanan non-profit.
Kata kunci: covid-19, himbauan, iklan, publik, semiotika.

Article Details

How to Cite
Agustia, K. T. S. (2022). MAKNA SIMBOL SEMIOTIKA SOSIAL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT COVID-19. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1690
Section
Articles