PENGARUH IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI

Main Article Content

Elizabeth Prima
Putu Indah Lestari

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh implementasi
permainan tradisional terhadap perilaku prososial pada anak usia dini. Jenis penelitian ini
adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan nonequivalent control group design.
Pada penelitian ini penentuan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan secara
acak terhadap kelas yang ada. Ada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol, satu mendapatkan perlakuan dan satu kelompok kontrol, keduanya memperoleh
pre-test dan post-test. Dari hasil uji-t untuk kelas eksperimen diperoleh thitung = 16,150 dan
taraf signifikan 5% dengan df 79 diperoleh ttabel = 2,374. Dengan membandingkan hasil thitung
dan ttabel dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (16,150 > 2,374), maka H1 diterima dan Ho
ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan permainan tradisional dengan
anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada anak usia dini. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi permainan tradisional terhadap
perilaku prososial anak usia dini.
Kata Kunci: permainan tradisional, perilaku prososial anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Prima, E., & Lestari, P. I. (2022). PENGARUH IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1691
Section
Articles