STUDI EMPIRIK LABORATORIUM ONLINE PADA MATERI LISTRIK ARUS AC KELAS XII SMAN 5 DENPASAR

Main Article Content

Ni Luh Putu Mery Marlinda

Abstract

ABSTRAK
Keberadaan laboratorium online sebenarnya sudah ada sebelum terjadinya pandemi
Covid-19. Namun penggunaannya dan pengenalannya lebih efektif pada masa ini. Seperti
yang telah dibuat oleh tim rumah belajar dari Kemdikbud yaitu Lab Maya. Akan tetapi, Lab
Maya hanya terbatas beberapa materi saja, untuk materi listrik arus AC hanya bisa
ditemukan di PhET. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi dari
penggunaan laboratorium online pada PhET simulations khususnya materi listrik arus AC
dalam membantu penilaian pada aspek keterampilan/psikomotor. Penggunaan metode
deskriptif-kuantitatif pada penelitian ini bertujuan agar penulis lebih fokus dalam tujuan
penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium online membantu guru
dalam menyiapkan nilai psikomotor siswa. Hal ini didukung dengan analisis data yang
menunjukkan bahwa laboratorium online memiliki tingkat efisien sebesar 75% dalam
penilaian psikomotor. PhET simulations sebagai salah satu laboratorium online dalam hal ini
memiliki tingkat efisiensi sebagai alat bantu untuk praktikum dimasa pandemic seperti saat
ini. Sebanyak 65% siswa memberikan penilaian dengan kategori sangat menyenangkan pada
angket penilaian oleh siswa. Akan tetapi, laboratorium online tidak dapat memberikan
pengalaman belajar seperti yang didapat saat menggunakan alat laboratorium yang
sesungguhnya.
Kata kunci: laboratorium online, arus AC, PhET

Article Details

How to Cite
Marlinda, N. L. P. M. (2022). STUDI EMPIRIK LABORATORIUM ONLINE PADA MATERI LISTRIK ARUS AC KELAS XII SMAN 5 DENPASAR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1693
Section
Articles